Balai Pustaka Bakal Bikin Buku Elektronik

Balai Pustaka Bakal Bikin Buku Elektronik
Balai Pustaka Bakal Bikin Buku Elektronik

jpnn.com - JAKARTA - Lama tak terdengar gaungnya, PT Balai Pustaka kini mulai bangkit. Perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang percetakan buku ini bakal mengembangkan buku dalam tampilan elektronik, yakni dalam bentuk tablet.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengatakan, pengembangan teknologi ini dilakukan agar mempermudah pelajar dalam mencari referensi buku. Hal itu juga dilakukan seiring berkembangnya teknologi dalam bentuk digital.

"Daripada tas isinya penuh banget sama buku-buku kan kasian, makanya ke depan (Balai Pustaka) akan mengedepankan buku elektronik dalam bentuk tablet, seperti dalam Ipad lah. Nanti satu tablet berisi seluruh pelajarannya, semua ada di situ," papar Dahlan saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/8).

Bahkan, saat ini Balai Pustaka telah kebanjiran order teknologi tersebut dari wilayah Kepulauan Riau. Pemerintah daerah Kepulauan Riau, kata Dahlan, memang sengaja memesan sebanyak seribu unit. Nah, agar tak memberatkan, mantan Dirut PLN ini meminta pada BP agar mencari produk yang lebih terjangkau harganya.

"Kepulauan Riau sadar dan nggak mau jadi kepulauan yang tertinggal. Saya minta BP (Balai Pustaka) cari gadget yang relatif terjangkau. Nanti tinggal dilihat saja di tablet itu dan tidak perlu akses internet nanti. Khusus untuk buku pelajaran saja," kata dia. (chi/jpnn)

JAKARTA - Lama tak terdengar gaungnya, PT Balai Pustaka kini mulai bangkit. Perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang percetakan buku ini bakal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News