Pemkab Tangerang Habiskan Rp 50 M untuk Latih 40.000 Guru

Pemkab Tangerang Habiskan Rp 50 M untuk Latih 40.000 Guru
Pemkab Tangerang Habiskan Rp 50 M untuk Latih 40.000 Guru

jpnn.com - TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) telah menghabiskan dana sebesar Rp 50 miliar untuk membiayai pendidikan dan pelatihan ribuan guru. Pelatihan itu diberikan untuk menguasai materi pelajaran kurikulum 2013.

Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar berharap dengan adanya pelatihan para guru kurikulum 2013 ini dapat sejalan dengan Sumber Daya manusia (SDM) dan sarana pembangunan ruang kelas. ”Kita harapkan sejalan semua, ” kata Ahmad Zaki Iskandara saat dihubungi INDOPOS (Grup JPNN.com).

Pejabat yang akrap disapa Zaki ini mengaku komitmennya memajukan pendidikan baik itu dari sarana prasarana maupun SDM di wilayahnya. Dari APBD 2014, 30 persen diantaranya untuk Dinas Pendidikan. ” Saya lupa berupa persisnya, tapi yang jelas 30 persen dari APBD untuk pendidikan, ” kata mantan anggota DPR ini.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Zainudin mengatakan, pelatihan dan pendidikan kurikulum diberikan kepada 40 ribu guru mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA maupun SMK sejak awal 2013 lalu. ”Anggaran pelatihan itu dari bantuan APBN. Jadi hampir seluruh guru di Kabupaten Tangerang sudah siap untuk menerapkan kurikulum 2013,” kata Zainudin.

Zainudin menyatakan, materi diklat itu diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Nasional dan Pemerintah Provinsi Banten meliputi materi seluruh pelajaran dan mengaplikakasikan materi tersebut dalam proses belajar dan mengajar.

Sejak awal Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang sudah memberikan pendidikan dan pelatihan serupa kepada 600 Kepala Sekolah SMA dan SMK, 360 Kepala Sekolah SMP dan 1.060 Kepala Sekolah Dasar.
”Seluruh pelaksanaan Diklat dilakukan sepanjang 2013 lalu,” ujar mantan Kadisdik Kota Tangerang itu.

Menurutnya, para guru dan kepala sekolah ditekankan untuk menguasai seluruh mata pelajaran yang akan diberikan pada siswa dalam penerapan kurikulum 2013 yang pelaksanaanya dimulai tahun ajaran 2014 ini.
Sejak 2013 lalu, Dinas Pendidikan juga sudah melakukan uji coba pelaksanaan kurikulum 2013 kepada sejumlah SMA, SMK, SMP dan SD negeri maupun swasta di Kabupaten Tangerang.

Tingkat SMA diuji coba terhadap 5 SMA yang terdiri dari 2 SMA negeri dan 3 SMA swasta, pada tingkat SMK dilakukan ujicoba terhadap 12 SMK yang terdiri dari 6 SMK Negeri, 6 swasta, pada SMP dilakukan ujicoba di 10 gugus dan pada SD dilakukan uji coba pada 3 sekolah dasar di setiap kecamatan dari 29 kecamatan yang ada diwilayah tersebut.

TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) telah menghabiskan dana sebesar Rp 50 miliar untuk membiayai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News