PSSI Dapat Pendampingan UEFA

PSSI Dapat Pendampingan UEFA
PSSI Dapat Pendampingan UEFA. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PSSI mendapatkan kesempatan menjadi salah satu asosiasi di Asia, yang menjadi proyek percontohan kerja sama UEFA-AFC. Ke depan, PSSI akan mendapatkan pendampingan untuk pengembangan teknis, pengembangan manajemen klub, stadion-kemanan pertandingan, dan pengembangan klub.

Dalam kunjungan perwakilan AFC dan UEFA di ke PSSI selama dua hari pada 20 dan 21 Agustus, ada tiga perwakilan UEFA dan satu perwakilan AFC yang datang. Mereka adalah  Alex Philips (Head of Stakeholder Affair UEFA), Mark Timmer (Head of Stadia and Security UEFA), serta Tom Gorissen (Advisory Manager UEFA) dan Director and Member Assosiaction AFC Sanjeevan Balasingam.

Dipilihnya Indonesia menurut Sanjeevan dikarenakan potensi dan besarnya gairah sepak bola di Indonesia. Selain itu, Indonesia dinilai sebagai asosiasi yang karakternya unik, dengan kompetisi yang menurut AFC sedang berkembang saat ini.

'Ini adalah awal untuk kemudian diperinci kerja samanya. Dari hasil diskusi, yang harus dikembangkan oleh PSSI adalah manajemen klub, analisis finansial, dan stadion-keamanan,' kata lelaki asal Malaysia tersebut.

Sementara itu, Alex menambahkan jika PSSI memiliki struktur yang bagus dan perencanaan strategi yang jelas. Melihat keinginan besar untuk berubah itulah, UEFA merasa tertantang untuk bisa menularkan pengetahuan dan pengalaman mereka membesarkan sepak bola sampai menjadi industri besar seperti saat ini.

Kerja sama ini juga akan dibarengi dengan pendampingan mereka terkait program PSSI terkait club empowerment Program. Dimana, nantinya PSSI akan mengirimkan League Development Officer ke Eropa untuk tindak lanjutnya.

'Ada perkembangan signifikan di Asia. Kami ingin memperkuat sinyal agar jaringan kerja sama antara Asia-Eropa semakin bagus,' tegasnya.

Karena itu, Tom yang memiliki keahlian dalam analisa bisnis siap untuk memberikan masukan agar kompetisi lebih kompetitif. Pun demikian dengan strategi bisnis sepak bola di Indonesia.

JAKARTA - PSSI mendapatkan kesempatan menjadi salah satu asosiasi di Asia, yang menjadi proyek percontohan kerja sama UEFA-AFC. Ke depan, PSSI akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News