Pelamar CPNS Diimbau Pelajari Kisi-kisi Soal

Pelamar CPNS Diimbau Pelajari Kisi-kisi Soal
Pelamar CPNS Diimbau Pelajari Kisi-kisi Soal

jpnn.com - JAKARTA--Bagi pelamar CPNS yang akan mengikuti tes pada September mendatang, diimbau untuk mempelajari kisi-kisi soal dengan baik.

Ada tiga kisi soal yang akan dites yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Menurut Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, untuk wawasan kebangsaan peserta disarankan mempelajari materi tentang Pancasila, UUD 1945 dan amandemennya, NKRI, tata negara, dan lainnya.

“Sebagai seorang CPNS, wajib memahami sejarah kebangsaan kita karena nantinya kita akan mengurus negara,” ungkap Bima Haria di Jakarta, Jumat (22/8).
 
Sedangkan tes intelegensia umum menguji tingkat intelegensi seseorang berkaitan dengan verbal dan analisis sistematisnya. Kemudian untuk tes karakteristik pribadi menguji kemampuan seseorang untuk beradaptasi dan berprestasi.

"Untuk materi ini sebenarnya tidak perlu belajar lagi, karena berkaitan dengan pribadi masing-masing. Namun, nilai TKP jangan sampai di bawah 70 karena dinilai tidak mempunyai karakteristik yang memadai dan juga dinilai menjadi SDM yang susah dikembangkan," tuturnya.

Adapun nilai maksimal TKP adalah 175 dan dari pengalaman tahun lalu, tidak ada seorangpun yang tidak lolos ujian TKP. (esy/jpnn)


JAKARTA--Bagi pelamar CPNS yang akan mengikuti tes pada September mendatang, diimbau untuk mempelajari kisi-kisi soal dengan baik. Ada tiga kisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News