Dorong Koalisi Merah Putih Mengakar Hingga Daerah

Dorong Koalisi Merah Putih Mengakar Hingga Daerah
Dorong Koalisi Merah Putih Mengakar Hingga Daerah

jpnn.com - JAKARTA - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Taslim Chaniago menyarankan pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih yang mengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di pemilu presiden lalu juga membangun satu kekuatan politik ke tingkat provinsi, kabupaten, kota dan kecamatan. Menurutnya, langkah itu penting  dan strategis guna membangun satu sistem politik yang sehat dan dinamis.

"Koalisi Merah Putih jangan hanya terjadi pada tataran elit partai di jajaran pengurus pusat. Jika koalisi tersebut dinilai baik untuk membangun sebuah sistem politik di negara demokrasi, saya mengusulkan koalisi Merah Putih juga direalisasikan hingga ke tingkat provinsi, kabupaten, kota dan kecamatan," kata Taslim saat ditemui di gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (22/8).

Jika itu terjadi, lanjutnya, berarti koalisi Merah Putih akan semakin solid mengawasi pemerintahan dan menjalankan fungsi-fungsinya sebagai penyeimbang di legislatif. Langkah itu juga mendorong penyederhanaan pilkada yang saat ini berbiaya tinggi.

"Saya yakin, jika Koalisi Merah Putih ini solid, pada setiap pilkada anggota koalisi Merah Putih cukup mengusung satu pasang calon kepala daerah saja dan proses pemilihannya cukup di DPRD," ujar anggota Komisi III DPR itu.

Untuk menentukan siapa pasangan yang akan disusung, kata Taslim, bisa saja melalui mekanisme pemilihan langsung di internal Koalisi Merah Putih. "Siapa pun pemenangnya sepanjang pasangan tersebut berasal dari anggota koalisi, itulah kandidatnya. Dan proses ini bisa efektif kalau DPP masing-masing partai langsung mengawasinya," tegas Taslim.(fas/jpnn)

 


JAKARTA - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Taslim Chaniago menyarankan pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News