Perusahaan Besar Butuh Masa Jabatan Direksi yang Panjang

Perusahaan Besar Butuh Masa Jabatan Direksi yang Panjang
Perusahaan Besar Butuh Masa Jabatan Direksi yang Panjang

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyakini sebuah perusahaan besar membutuhkan masa jabatan direksi yang panjang. Pasalnya, bila kerap melakukan perombakan direksi maka sulit membuat pondasi yang kuat. Dahlan lantas mencontohkan Pertamina yang dulu kerap gonta ganti dirut dalam beberapa bulan.

"Sebuah perusahaan sebesar Pertamina itu masa jabatan direksi yang cukup panjang itu sangat diperlukan. Kalau sering terjadi pergantian pimpinan, perusahaan bisa nggak stabil. Dulu Pertamina itu terkenal sering ganti dirut," ungkap Dahlan di Jakarta, Jumat (22/8).

Namun, di tangan Karen Agustiawan, BUMN yang bergerak di bidang migas itu mampu ditangani hingga 5,5 tahun. Hal itu menorehkan sejarah yang luar biasa, terlebih Pertamina mampu masuk dalam 50 besar peringkat Fortune.

"Bu karen ini termasuk dirut terlama sejak reformasi. Dulu ada dirut yang beberapa bulan ganti lagi, beberapa bulan ganti lagi. Bu Karen ini sudah lima tahun penuh ditambah tahun ini sudah enam tahun lebih sedikit atau kurang sedikit. Sehingga saya pengen perusahaan supaya stabil," harap mantan Dirut PLN ini.

"Perusahaan itu perlu adanya pembangunan corporate culture atau budaya perusahaan. Perusahaan yung sering gantin pimpinan, nggak sempet membentuk corporate culture. Padahal, corporate culture itu penting untuk kemajuan perusahaan," imbuh pria yang punya moto kerja kerja kerja ini. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyakini sebuah perusahaan besar membutuhkan masa jabatan direksi yang panjang. Pasalnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News