PPP dan Demokrat Bakal Hengkang dari Koalisi Merah Putih

PPP dan Demokrat Bakal Hengkang dari Koalisi Merah Putih
PPP dan Demokrat Bakal Hengkang dari Koalisi Merah Putih

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro melempar prediksi, ada dua partai besar yang punya kans untuk hengkang dari Koalisi Merah Putih ke kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla. Dua partai tersebut adalah Partai Persatuan Pembangunan, serta Partai Demokrat.

Hal itu diungkap Siti, dalam sebuah diskusi bertajuk Peta Politik Pasca Pilpres di Jakarta, Sabtu (23/8). Menurut Siti, selama ini PPP dan Demokrat tidak trlihat bulat selama pilpres. "Ini bukan mendadak karena sejak awal bergabung atau mendukung Prabowo itu tidak utuh, bahkan konflik mewarnai ketika PPP bergabung di merah putih," ujarnya.

Menurut Siti, potensi dari Partai Demokrat untuk bergabung juga sama besarnya. Ini karena, posisi Partai Demokrat di koalisi Merah Putih juga tidak pernah solid. Beberapa tokoh Partai Demokrat hanya sesekali terlihat hadir memberikan dukungan kepada pasangan Prabowo-Hatta. Ada juga kader Partai Demokrat yang berada di kubu Jokowi-JK selama pilpres. "Ke sini ada kecenderungan lebih kelihatan kalau akan menuju ke sana. Saya melihat dua partai itu hengkang," ujarnya.

Posisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang disinggung Jokowi berpotensi bakal bergabung, justru dinilai kecil oleh Siti. Menurut dia, PAN memiliki beban moral, karena sosok Hatta sebagai Ketua Umum PAN adalah cawapres pendamping Prabowo. Situasi ini bisa berubah jika Hatta nantinya diganti dari posisi Ketua Umum. "(PAN) memang pengen. Tapi bagaimana, kondisinya seperti itu," ujarnya.

Siti menambahkan, satu lagi partai yang memiliki peluang untuk bergabung adalah Partai Golongan Karya. Namun, situasi tidak akan terealisasi jika Aburizal Bakrie selaku Ketua Umum Partai Golkar masih berkuasa. Siti juga pesimis jika Musyawarah Nasional Partai Golkar bisa digelar pada tahun ini. "2014 masih tidak mungkin, kecuali (dalam Munas) ada pergantian pimpinan dan kubu Pak Aburizal dan Pak Akbar Tandjung kalah," pungkasnya. (bay/dyn) 


JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro melempar prediksi, ada dua partai besar yang punya kans untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News