Cari Ikan di Perairan Bintan, Nelayan Diusir Patroli Laut Malaysia

Cari Ikan di Perairan Bintan, Nelayan Diusir Patroli Laut Malaysia
Cari Ikan di Perairan Bintan, Nelayan Diusir Patroli Laut Malaysia

jpnn.com - BINTAN - Nelayan asal Kabupaten Bintan kembali lagi diusir kapal patroli Malaysia, saat mencari ikan di Perairan Malang Rapat, Kecamatan Gunungkijang, Sabtu (23/8)

”Kami dapat kabar ada nelayan Bintan yang diusir dengan cara memberikan tembakan peringatan, oleh kapal patroli Malaysia saat mencari ikan,” ujar nelayan Kawal, Udin saat ditemui di Jembatan Kawal, Minggu (24/8).

Dikatakannya, permasalahan ini bukan hanya kali ini saja terjadi. Tetapi, sudah menjadi kejadian yang lumrah bagi nelayan Bintan yang sedang mencari ikan di perairan milik Bintan sendiri. Menurutnya, sangat lucu kejadian ini, kenapa nelayan mencari makan di perairan Indonesia malah di sir dan dimarahi negara luar.

”Jika di rumah sendiri saja dimarahi orang luar, bagaimana lagi kalau nelayan masuk ke ranah atau kawasan luar pasti akan ditembak mati,” keluh Udin.

Udin merasa kecewa pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan beserta aparat keamanannya baik TNI maupun Polisi, belum ada pembelaan terhadap nasib nelayan mencari makan di wilayah perairan Indonesia.

”Jika kami sebagai nelayan tidak dilindungi, bagaimana dengan nasib kami. Laut mana lagi yang bisa buat kami aman untuk mencari ikan demi sesuap nasi,” katanya.

Mendengar adanya  permasalahan yang menimpa nelayan, Polres Bintan dan Pos TNI AL Lagoi Bintan, melakukan penyelidikan dan penelusuran ke seluruh perairan Gunungkijang. Hal ini dilakukan untuk mencari kebenaran perihal informasi yang mencuat atas tertembaknya nelayan Bintan oleh Kapal Patroli asing di wilayah perbatasan perairan Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong Kabupaten Bintan dan Perairan Malang Rapat, Kecamatan Gunungkijang.

”Kami dapat kabar ada penembakan oleh pihak asing pada nelayan kita. Sehingga, kami bersinergi antara TNI dan Polisi mencari tahu kebenarannya. Namun, sampai saat ini belum kami temukan. Tapi, tetap akan terus kami lakukan pengawasan,” ujar Marinir AL Pos Lagoi, Kopda Heryanto.

BINTAN - Nelayan asal Kabupaten Bintan kembali lagi diusir kapal patroli Malaysia, saat mencari ikan di Perairan Malang Rapat, Kecamatan Gunungkijang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News