Tak Punya Tangan, Bocah 5 Tahun Ini Berani Belajar Mandiri

Tak Punya Tangan, Bocah 5 Tahun Ini Berani Belajar Mandiri
Ridho Firmansyah (5), bocah asal Banyuasin yang memiliki tangan dan kaki tak sempurna. Foto: Sumeks/JPNN.com

jpnn.com - BANYUASIN - Ridho Firmansyah (5), warga Desa Pangkalan Kelebak Kampung 2 RT 09 Kecamatan Rambutan, Banyuasin Sumatera Selatan, kondisinya sangat memprihatinkan. Bocah ini tidak memiliki tangan yang sempurna. Tangan sebelah kanannya hanya ada setengah, sementara yang kiri sama sekali tidak ada.

Begitu juga dengan kedua kaki bocah ini, tumbuh dengan tidak sempurna karena mengalami pemendekan di bagian paha. Selain itu, Ridho yang merupakan anak dari pasangan Nurlaila dan Edi Candra ini masuk dalam kategori keluarga miskin, sehingga membutuhkan bantuan pemerintah.

Nurlaila, ibunda Ridho mengatakan, kalau dirinya tidak mengalami gejala atau pertanda ketika mengandung Ridho, hanya saja dirinya tidak pernah melakukan pemeriksaan kandungan selama hamil, karena keadaan ekonomi.

"Selama hamil tidak ada firasat bakal seperti ini, menurut saya normal saja ketika pertama kali diperiksa di Puskesmas, setelah itu tidak pernah diperiksa lagi," ucap Nurlaila seperti dilansir Sumeks (JPNN Grup), Senin (25/8).

Kendati dalam kondisi seperti itu, Ridho terus tumbuh hingga usia 5 tahun 6 bulan, sehingga untuk beraktivitas Ridho mengandalkan tangan kecil sebelah kanan, seperti makan, minum, bahkan ganti pakaian.

"Saya dibantu tetangga untuk melatih Ridho, sehingga dia bisa sendiri seperti memegang cangkir, gayung untuk mandi, sampai buka pakaian, anaknya mandiri," tukasnya.

Nurlaila sendiri mengaku ikhlas dengan kondisi anaknya. Sampai saat ini kelurganya juga belum ada bantuan dari pemerintah Banyuasin, oleh karena itu dirinya dan keluarga berharap bantuan pemerintah.

Maklum saja, keluarga ini hidup dalam garis kemiskinan, suami Nurlaila hanyalah seorang buruh bangunan yang berpenghasilan serba pas-pasan. "Tidak ada bantuan sama sekali, belum ada yang diterima, raskin, BLT atau apalah namanya," cetusnya. (qda)


BANYUASIN - Ridho Firmansyah (5), warga Desa Pangkalan Kelebak Kampung 2 RT 09 Kecamatan Rambutan, Banyuasin Sumatera Selatan, kondisinya sangat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News