Lencana Emas Anggota DPRD Sumut Termahal se Indonesia

Lencana Emas Anggota DPRD Sumut Termahal se Indonesia
Lencana Emas Anggota DPRD Sumut Termahal se Indonesia. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Seluruh anggota dewan terpilih mulai dari DPR hingga DPRD se-Indonesia secara bertahap mulai dilantik menjabat untuk periode 2014-2019. Termasuk pelantikan DPRD Provinsi Sumatera Utara yang didapuk untuk melaksanakan tugas-tugasnya dengan memeroleh sejumlah fasilitas sebagai wakil rakyat.  Mulai pakaian sipil lengkap (PSL) atau pakaian dinas dan lencana emas atau pin sebagai tanda jabatan anggota DPRD.

Luar biasanya, anggaran yang dikucurkan bagi memenuhi dua kebutuhan tersebut tak tanggung-tanggung. Dari 12 provinsi yang memiliki anggaran, Provinsi Sumatera Utara merupakan daerah yang menganggarkan biaya pembelian lencana emas termahal untuk masing-masing anggota DPRD yang ada.

Menurut pengamat anggaran dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Uchok Sky Khadafi, total anggaran untuk belanja lencana emas 12 DPRD Provinsi bagi 736 anggota DPRD, mencapai Rp 6.467.091.275. Kalau disimulasikan, maka setiap satu lencana dibandrol sebesar Rp 8.786.808 untuk satu orang.

“Nah dari nilai total tersebut, biaya lencana emas untuk anggota DPRD Sumut itu termahal. Setiap anggota DPRD akan mendapat Rp 12 juta,” katanya di Jakarta, Selasa (26/8).

Kondisi seperti ini kata Uchok, sangat disayangkan. Hanya sebuah pemborosan anggaran yang tidak bisa dimaafkan. Karena hanya menghambur-hamburkan uang pajak rakyat tanpa ada imbal balik buat pembayar pajak.

“Yang lebih menyakitkan lagi anggota DPRD belum bekerja atau belum kelihatan kinerjanya di depan publik, tapi sudah menikmati fasilitas yang mahal, mewah dan fantasis sekali,” ujarnya di Jakarta, Selasa (26/8).

Selain belanja lencana emas, anggaran pembelian pakaian sipil lengkap (PSL) atau pakaian dinas anggota DPRD Sumut, kata Direktur Investigasi dan Advokasi Fitra ini, juga masuk kategori termahal se-Indonesia.

Menurutnya, data anggaran tahun 2014 memerlihatkan total belanja PSL untuk 18 DPRD provinsi mencapai Rp 14.090.428.125. Jumlah tersebut bagi pemenuhan kebutuhan 1.212 anggota DPRD Provinsi. Di mana jika disimulasikan, satu anggota DPRD akan mendapat sebesar Rp 11.625.766 untuk satu baju PSL.

JAKARTA – Seluruh anggota dewan terpilih mulai dari DPR hingga DPRD se-Indonesia secara bertahap mulai dilantik menjabat untuk periode 2014-2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News