Koalisi Merah Putih dan Pilgub

Koalisi Merah Putih dan Pilgub
Koalisi Merah Putih dan Pilgub

jpnn.com - PASCA penetapan Mahkamah Konstitusi yang menegaskan kemenangan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-7, konstelasi politik di tingkat lokal mulai bergerak.  

 

-------------------------------

Oleh Asrinaldi A - Dosen FISIP Unand, Peneliti SpekPol Institut

------------------------------

Salah satu yang patut dicermati adalah adanya keinginan partai politik yang tergabung dengan koalisi merah putih untuk tetap mempertahankan koalisinya secara permanen dan melebarkan kerjasamanya hingga ke daerah.  Bagi elite partai koalisi merah putih yang mendukung pasangan Prabowo-Hatta Rajasa, kerjasama ini menjadi penting mengingat tahun 2015 ada sejumlah pemilihan kepala daerah serentak dilaksanakan di Indonesia, termasuk di Sumatera Barat.

Tentu, mereka berharap dengan koalisi ini akan lebih mudah memenangi sejumlah pemilihan di daerah.  Namun, pertanyaannya, apakah mungkin koalisi merah putih di daerah ini akan solid dalam menghadapi kontestasi politik lokal yang mulai dinamis?

Jika dicermati pernyatan petinggi partai koalisi merah putih di pusat sepertinya ada keyakinan mereka bahwa soliditas partai koalisi ini akan sampai ke daerah.  Bahkan konon kabarnya sudah ada pembicaraan tingkat awal para elite politik ini untuk mencari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang bisa diajukan tahun depan.  

PASCA penetapan Mahkamah Konstitusi yang menegaskan kemenangan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-7, konstelasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News