Peluang Besar Penyandang Disabilitas jadi PNS

Peluang Besar Penyandang Disabilitas jadi PNS
Peluang Besar Penyandang Disabilitas jadi PNS

jpnn.com - JAKARTA - Para penyandang disabilitas atau cacat patut berucap syukur, karena pemerintah akan memperbesar penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagi mereka.

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri menyampaikan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah memasukkan hal tersebut dalam rancangan penerimaan PNS mendatang.

Dia menegaskan, Kemensos dalam tugas dan fungsinya para penyandang cacat dibina, direhabilitasi, dikembangkan potensinya sesuai kapasitas yang dimiliki penyandang disabilitas, tentu menyambut baik dan langsung mempersiapkan.

"Alhamdulilah, pengharapan para penyandang cacat terkabulkan. Kami pun merasa senang hasil didik yang telah Kemensos
lakukan akan termanfaatkan," kata Salim melalui keterangan tertulis kepada JPNN, Rabu (27/8).

Saat ini, sebutnya, ada 8 juta penyandang disabilitas dari berbagai tingkatan pendidikan. Pola rehabilitasi yang dilakukan adalah pembinaan di panti dan luar panti. Setiap tahun, panti panti milik Kementerian Sosial mendidik 100 penyandang disabilitas. Mereka diberikan latihan keterampilan bidang elektronik, IT, hingga mebel.

Kemensos juga sudah menempatkan lebih dari seribu penyandang cacat di berbagai perusahaan yang terikat atas undang undang tentang penyandang cacat.

"Saya pernah datang ke salah satu perusahaan peralatan kedokteran, dan para penyandang cacat bekerja dengan. Hasil yang baik," ujarnya.

Menyambut peluang ini, lanjut Salim, Kemensos siap menerima 100 penyandang disabilitas yang akan ditempatkan di 82 satuan kerja. Tentunya setelah mengikuti seleksi yang telah distandarkan oleh pemerintah, baik Kemenpan maupun Badan Kepegawaian Negara (BKN).

JAKARTA - Para penyandang disabilitas atau cacat patut berucap syukur, karena pemerintah akan memperbesar penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News