Sebelum Dilantik jadi Presiden, Jokowi Pangkas Ribuan Jabatan di DKI

Sebelum Dilantik jadi Presiden, Jokowi Pangkas Ribuan Jabatan di DKI
Sebelum Dilantik jadi Presiden, Jokowi Pangkas Ribuan Jabatan di DKI

jpnn.com - JAKARTA - Jelang pelantikan Joko Widodo sebagai presiden terpilih nanti, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal melakukan perombakan di jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD).

Setidaknya lebih dari 2 ribu jabatan akan dirombak dan pelantikan dilakukan bersamaan pada September 2014.

"Pelantikannya sekaligus secara massal, akan dilakukan oleh Pak Gubernur," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, I Made Karmayoga  di Balaikota, Rabu (27/8).

Made menyebutkan, sesuai Peraturan Daerah tentang Organisasi Perangkat Daerah, maka jumlah PNS, dari total 8.009 jabatan di lingkungan Pemprov DKI, akan disusut menjadi 6.826 jabatan saja.

"Estimasinya 40 persen dari angka itu (jabatan) akan dilantik. Karena pimpinan menginginkan perubahan," paparnya seperti dilansir Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN).

Pada umumnya Sekretaris Daerah (Sekda) yang melantik pejabat eselon IV dan eselon III. Sementara gubernur melantik pejabat setingkat eselon II. Namun kali ini, Jokowi sebagai gubernur yang bertindak langsung melantik seluruh pejabat secara bersamaan.

"Ini record luar biasa, belum ada sepanjang pemerintahan di Indonesia, kecuali di militer," katanya.

Beberapa jabatan yang akan dirombak ialah Kepala Dinas, Kepala Badan, Walikota, Kepala Bidang, Kepala Seksi, Camat, serta Lurah.  (wid/eli)


JAKARTA - Jelang pelantikan Joko Widodo sebagai presiden terpilih nanti, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal melakukan perombakan di jajaran Satuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News