Tim Transisi Jokowi Godok Ide Pemecahan Kemendikbud

Tim Transisi Jokowi Godok Ide Pemecahan Kemendikbud
Tim Transisi Jokowi Godok Ide Pemecahan Kemendikbud

jpnn.com - JAKARTA - Berbagai macam ide terkait postur kabinet bermunculan dari Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla. Mulai dari pembentukan badan penerimaan negara sampai pemecahan kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Menurut Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto beberapa ide yang dominan antara lain terkait kedaulatan pangan dan ekonomi kreatif.

"Saya tidak hafal semua tapi itu yang konsisten muncul. Ada juga tentang pembentukan badan penerimaan negara yang antara lain menggabungan pajak dan bea cukai," kata Andi di kantor Tim Transisi, Jakarta, Rabu (27/8).

Di sektor pendidikan, muncul ide memecah Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan (Kemendikbud). Dalam usulan tersebut, tanggung jawab Kemendikbud hanya mengurus pendidikan dasar dan menengah saja.

Sedangkan untuk pendidikan tinggi digabung dengan riset dan teknologi di bawah kementerian baru.

Sementara terkait pengawasan, muncul usulan membentuk sebuah unit khusus di bawah presiden langsung.

"Pengawasannya dipecah tiga yaitu pengawasan kinerja aparat sipil negara, pengawasan program-program pembangunan dan ada yang sifatnya audit keuangan," paparnya.

Setelah dimatangkan, ide-ide ini nantinya diintegrasikan menjadi opsi-opsi bagi Jokowi dalam membentuk postur kabinet. Rencananya, struktur kabinet Jokowi-JK akan rampung pada tanggal 15 September mendatang. (dil/jpnn)

JAKARTA - Berbagai macam ide terkait postur kabinet bermunculan dari Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla. Mulai dari pembentukan badan penerimaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News