Indonesia - Australia Kerja Sama Pertahanan

Indonesia - Australia Kerja Sama Pertahanan
Indonesia - Australia Kerja Sama Pertahanan
JAKARTA-Panglima Angkatan Pertahanan Australia, Marsekal Udara Angus Houston, Senin (12/1) bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso untuk menandatangani kerja sama soal pertahanan. Penandatangan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Menteri Pertahanan RI Juwono Sudarsono ke Australia dan disetujui oleh Menhan Australia Joel Fitzgibbon, pada Maret 2008 lalu.

Dikembangkan di atas hubungan pertahanan yang telah kukuh ini, pernyataan bersama bertujuan untuk memperkuat tekad Indonesia dan Australia untuk mengambil pendekatan kerja sama dalam masalah keamanan di bawah payung Traktat Lombok. "Australia bertekad bekerja sama dengan Indonesia sebagai mitra untuk membangun kawasan yang aman dan damai. Penandatanganan pernyataan bersama ini menunjukkan kekuatan hubungan dua negara kita dan memberikan arah yang jelas pada kerja sama masa depan," kata Marsekal Udara Houston.

Tak hanya itu pernyataan bersama ini juga menfokuskan pada keterlibatan pertahanan Australia dengan Indonesia di bidang anti terorisme, keamanan laut, intelijen, bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, serta penjagaan perdamaian.Pertanyaan bersama ini garis besarnya adalah kegiatan-kegiatan keterlibatan pertahanan di masa depan, termasuk pelatihan militer, pendidikan pasca sarjana, kunjungan, pertukaran studi, latihan dan patroli laut gabungan. (rie/JPNN)
Berita Selanjutnya:
PBB Didesak Gelar ESS

JAKARTA-Panglima Angkatan Pertahanan Australia, Marsekal Udara Angus Houston, Senin (12/1) bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News