Dicari, Camat yang Siap Kerja 24 Jam

Dicari, Camat yang Siap Kerja 24 Jam
Dicari, Camat yang Siap Kerja 24 Jam

jpnn.com - MAKASSAR - Lelang jabatan untuk promosi terbuka lurah dan camat Kota Makassar, resmi mulai dibuka Kamis (28/8). Pendaftaran awal, mengisi formulir secara online di www.makassarkota.go.id. Website itu menyediakan tombol opsi khusus untuk pendaftaran lelang jabatan yang diberi nama e-Register di bagian ujung kiri bawah.

Jika pendaftar meng-klik opsi itu, maka akan muncul formulir yang harus diisi dengan biodata personal. Teknis pelelangan sudah dibahas dengan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Makassar. "Promosi terbuka camat dan lurah ini kami sudah bahas dengan Baperjakat. Mekanismenya sudah dibuat. Pendaftaran dibuka 28 Agustus-11 September," ujar Sekretaris Baperjakat Kota Makassar, Muh Kasim Wahab, seperti dilansir dari Fajar (Grup JPNN), Rabu (27/8).

Bagi pendaftar yang telah mengisi biodata online, selanjutnya diminta mengumpulkan berkas fisik persyaratan ke Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar di Jalan Ahmad Yani. Pendaftar membawa nomor registrasi yang didapatkan usai mendaftar online dan selanjutnya diganti nomor ujian.

Kasim menegaskan, lelang jabatan ini terbuka untuk semua PNS seluruh Indonesia, termasuk para camat dan lurah yang saat ini sedang menjabat. Untuk camat, pangkatnya minimal III D dan lurah minimal II IB. Khusus camat, pendaftar harus pernah menduduki jabatan struktural minimal eselon III B dan berijazah S1. Pendaftar lurah minimal berijazah D3. Selain itu, persyaratannya sama antara calon camat dan lurah. Misalnya usia maksimal 57 tahun, penilaian DP3 sekurang-kurangnya bernilai baik selama dua tahun terakhir, bersedia bekerja 24 jam, dan dibuatkan surat pernyataan, surat keterangan bebas narkoba, bisa mengoperasikan komputer minimal MS Office dan internet, serta sehat jasmani dan rohani.

Khusus PNS dari luar Pemkot Makassar, mereka diwajibkan melampirkan surat izin mengikuti seleksi dari bupati/wali kota dan surat keterangan bebas temuan dari inspektorat setempat. Panitia seleksi lelang jabatan ini terbagi atas dua, yakni seleksi administrasi dan seleksi sumber daya manusia (SDM). Untuk seleksi administrasi, BKD yang diberikan kewenangan. Sementara SDM, penilaiannya akan dilakukan oleh tim independen yang akan dibentuk wali kota.

"Administrasi diseleksi oleh BKD dan Baperjakat. SDM diseleksi dari tim independen gabungan LAN, akademisi, dan profesional," imbuh Kasim. Pembentukan tim independen masih menunggu wali kota karena masih berada di Jakarta. Tim independen ini yang akan memberikan bobot nilai, kompetensi, wawasan, dan rekam jejak pendaftar berdasarkan laporan dari baperjakat bekerja sama inspektorat dan BKD.

Masyarakat yang ingin terlibat dalam mengawasi para pendaftar, terutama yang mengetahui perilaku indisipliner dan track record pendaftar bisa melaporkannya langsung ke BKD dalam bentuk surat. Bisa juga melayangkan SMS ke 081340851013. "Penilaian kualitatif dilakukan oleh tim independen. Hasilnya dikembalikan ke wali kota untuk menentukan," katanya.

Sekretaris BKD Kota Makassar, Basri Rakhman, mengatakan, lelang jabatan untuk lurah dan camat ini hanya terbuka untuk PNS. Terdapat 143 lurah dan 14 camat yang dilelangkan. Sudah ada tim administrasi yang ditugaskan menerima pengumpulan berkas fisik pendaftar. (zuk/ian)


MAKASSAR - Lelang jabatan untuk promosi terbuka lurah dan camat Kota Makassar, resmi mulai dibuka Kamis (28/8). Pendaftaran awal, mengisi formulir


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News