Wisatawan Sepi, Pengusaha Hotel Terancam Gulung Tikar

Wisatawan Sepi, Pengusaha Hotel Terancam Gulung Tikar
Wisatawan Sepi, Pengusaha Hotel Terancam Gulung Tikar

jpnn.com - TANJUNGBATU - Sepinya jumlah kunjungan tamu, membuat pemilik hotel di Tanjungbatu menjerit.  Setiap bulan pengelola mengaku rugi hingga puluhan juta rupiah.

Besarnya biaya yang dikeluarkan terutama untuk operasional, dan membayar pajak. Sepinya kunjungan wisatawan diperparah dengan lesunya perekonomian masyarakat. Imbasnya, pengusaha hotel terancam gulung tikar.

Seperti disampaikan Budi, pemilik Hotel Gembira yang memiliki 101 kamar berlokasi di jalan Usman Harun Tanjungbatu Kota. Budi mengaku setiap bulan hotel yang dikelola merugi Rp 10 juta hingga Rp 12 juta.
'
"Biaya yang harus ditutupi setiap bulan seperti, gaji karyawan, listrik, dan berbagai pengeluaran yang jumlahnya mencapai Rp 10 juta lebih," terang Budi, Jumat (29/8) kemarin.

Sementara tamu yang nginap, sebut Budi, tidak bisa menutupi. Karena dari seluruh kamar yang tersedia hanya terisi tiga sampai tujuh kamar saja. Kondisi yang sama sebelumnya juga dirasakan hotel Taman Gembira di KM 07 Tanjungbatu Barat.

"Yang dapat saya lakukan saat ini hanya bisa bertahan saja, beruntung masih ada usaha lain sehingga bisa ditutupi biaya operasional. Kalau hanya mengharapkan hunian hotel sudah tutup sejak lama, karena tidak ada tamu yang bermalam," tegas Budi.

Diakuinya berbagai promosi dan terobosan sudah dilakukan dengan cara memberikan layanan paket wisata (tour) selama tiga hari dua malam dengan harga 250 dolar singapura untuk satu orang. Namun upaya belum mendapat respon dari wisatawan Malaysia maupun Singapura. (ims)


TANJUNGBATU - Sepinya jumlah kunjungan tamu, membuat pemilik hotel di Tanjungbatu menjerit.  Setiap bulan pengelola mengaku rugi hingga puluhan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News