Menteri Blusukan ala Jokowi Bisa Dorong Laju Ekonomi

Menteri Blusukan ala Jokowi Bisa Dorong Laju Ekonomi
Menteri Blusukan ala Jokowi Bisa Dorong Laju Ekonomi

jpnn.com - SERANG - Tahap penggodokan kriteria menteri yang akan masuk kabinet Jokowi-JK menarik perhatian publik. Terlebih kriteria menteri itu telah masuk pembahasan tim transisi Jokowi-JK.

Pengamat ekonomi UI, Aris Yunanto mengatakan, tahap penggodokan yang dilakukan tim transisi Jokowi-JK harus memenuhi harapan masyarakat. Terutama karakter menteri yang harus bisa mengikuti irama kerja Presiden.

"Selain memenuhi kriteria formal dan tertulis, calon menteri harus juga memenuhi kriteria tidak tertulis. Seperti memiliki kemampuan blusukan ala Jokowi," ujar Aris Yunanto di Serang, Banten, Jumat (29/8),

Dia menyebutkan, tak banyak kepala daerah yang memiliki karakter blusukan. Antara lain Wali Kota Surabaya, Wali Kota Bandung, Wali Kota Bogor, dan Bupati Kudus. Karakter ini, lanjut dia sangat positif bagi tren pertumbuhan ekonomi lokal. Jika diterapkan pada tingkat nasional pun bakal memiliki pengaruh serupa. "Semua berharap kabinet ini bisa dongkrak pertumbuhan ekonomi," terangnya.

Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto menyatakan, komposisi pembahasan calon menteri itu masih dalam batas kriteria umum. Yakni kompetensi calon menteri yang struktur dan kelembagaannya juga tengah digodok bersamaan.

"Kriteria itu harus bisa dibuat per kementerian berikut kompetensinya. Kalau misalnya Kemenlu, itu diplomat karir yang pernah menjabat apa saja, kompetensi akademiknya apa, tapi tidak sampai matrik proporsionalitas itu," Andi.

Namun secara spesifik, tim transisi tidak sampai pada figur-figur tertentu, baik perwakilan putra daerah maupun kepala daerah berprestasi. (rko)


SERANG - Tahap penggodokan kriteria menteri yang akan masuk kabinet Jokowi-JK menarik perhatian publik. Terlebih kriteria menteri itu telah masuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News