Tya Ariestya dengan Gelar Mama Kucing

Punya Citra yang Jago Pijat

Tya Ariestya dengan Gelar Mama Kucing
CINTA KUCING: Tya Ariestya. Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Sudah bukan rahasia bahwa presenter dan mantan atlet taekwondo Tya Ariestya begitu cinta pada kucing. Apalagi dia mendapatkan pasangan yang klop. Sang suami yang menikahinya 17 Agustus lalu, Irfan Ratinggang, juga pencinta kucing. Keduanya ”resmi” menjadi mama-papa buat kucing-kucing peliharaan.

Ketertarikan Tya terhadap kucing berawal sejak masih kecil. Sang papa membiasakan anak-anaknya untuk menyayangi binatang. Tya mendapatkan kucing pertama saat SD, sebanyak dua ekor. ”Namanya Sweety dan Sweeny, satu jantan dan satunya betina,” cerita pemilik nama panjang Ariestya Noormita Azhar itu. Selain kucing, Tya suka anjing, burung, dan ikan.

Sempat merelakan kucing-kucingnya diberikan kepada kerabat ketika pindah rumah, perempuan kelahiran Jakarta, 30 Maret 1986, tersebut kembali mendapatkan kucing sebagai kado ultah dari Irfan yang ketika itu masih berstatus pacar. ”Kalau di rumah nggak ada kucing, rasanya ada yang kurang meski sudah ada hewan peliharaan lainnya,” ucap dia.

Sekarang kucing peliharaannya bertambah banyak. Induknya saja berjenis ras persian 2 ekor, medium 3 ekor, dan exotic 3 ekor. Belum anakan kucingnya yang baru lahir beberapa bulan lalu.

Tya dan Irfan menyediakan ruangan khusus untuk kucing-kucing peliharaan mereka. Ruangan tersebut dilengkapi AC dan shower untuk memandikan kucing-kucing. Karena ingin total, Tya sampai mengambil kursus cara memandikan dan merawat kucing.

Jadi, dia tidak perlu membawanya ke salon hewan. Urusan memandikan kucing bisa dilakukan sendiri. Selain menghemat biaya, hal itu meminimalkan risiko kucing menjadi stres. Dia pernah punya pengalaman, salah satu kucingnya stres setelah pulang dari salon hewan. Mungkin si pus merasa tidak nyaman atau tidak terbiasa. Setelah itu, Tya selalu memandikannya sendiri. ”Ada yang empat hari sekali, paling lama dua minggu sekali,” kata Tya. Karena memiliki pasangan yang juga pencinta kucing, tugas Tya tidak terlalu berat dalam mengurus ”anak-anaknya”. Keduanya mengerjakan secara bergantian.

Mengingat kucing merupakan tipikal hewan yang dekat dengan tuannya dan manja, agar kucing-kucingnya tidak jealous, Tya punya cara jitu. Dia mengajak kucing-kucingnya bermain bergantian. Ada jadwalnya. ”Hari ini tiga kucing, besoknya gantian tiga kucing lainnya,” tutur perempuan yang juga pemain FTV itu. Dengan begitu, setiap kucing tetap mendapatkan porsi perhatian yang sama.

Kalau sudah dikeluarkan dari kandang dan diajak bermain di luar, kucing-kucing Tya selalu excited. Permainannya seru-seru. Kucing-kucing Tya bisa diajak bermain petak umpet. Bahkan, ada yang pintar memijat. ”Yang pintar mijit bernama Citra. Enak banget. Mereka (kucing-kucing) bisa jadi teman, sudah kayak anak sendiri deh,” lanjut Tya yang memberi nama untuk masing-masing kucingnya. Ada yang namanya Bubuw, Sammy, Matahari, dan lain-lain.

Sudah bukan rahasia bahwa presenter dan mantan atlet taekwondo Tya Ariestya begitu cinta pada kucing. Apalagi dia mendapatkan pasangan yang klop.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News