Relawan Jokowi-JK Diminta Kembali ke Khitah

Relawan Jokowi-JK Diminta Kembali ke Khitah
Relawan Jokowi-JK Diminta Kembali ke Khitah

jpnn.com - JAKARTA - Koordinator Forum Relawan Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Sukmadji Indro Tjahyono, menanggapi aksi sekelompok relawan yang berdemo di Rumah Transisi beberapa waktu lalu.

Indro menyarankan supaya relawan Jokowi-JK agar kembali ke khitahnya yang berjuang dengan semangat kerelaan dan keikhlasan. Menurutnya, berharap pamrih apalagi jabatan adalah menyimpang dari tujuan Relawan Jokowi-JK yang ikhlas berjuang demi menyelamatkan negara dan bangsa dari korupsi, eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan, serta ambruknya hukum dan konstitusi di negeri ini.

Indro menyebut ambisi dari segelintir relawan untuk duduk dalam kelompok kerja Rumah Transisi sudah tidak proporsional lagi. "Apalagi mereka yang membuat situs-situs di media sosial untuk perekrutan anggota kabinet Jokowi-JK," papar Indro.

Ia menambahkan, organ-organ relawan harus tetap solid merepresentasikan kekuatan masyarakat sipil dalam konteks hubungan negara dan rakyat. Menurutnya, keinginan terlibat dalam sistem mungkin perlu, tetapi harus mulai dibatasi dan dikendalikan. 

Ditegaskan Indro, harta satu-satunya para relawan adalah modal sosial berupa solidaritas. Kalau modal itu pun akhirnya tergerus oleh pragmatisme, maka keberadaan relawan akan bisa punah begitu saja. "Padahal,  justru para relawan saat ini ditantang untuk memiliki peran jangka panjang mengawal agenda rakyat Jokowi-JK," ungkap Indro.

Ia berharap, pascakemenangan Jokowi-JK di Mahkamah Konstitusi tidak terjadi goncangan dalam tubuh organ-organ relawan dalam relasi secara internal maupun eksternal. Indro pun meyakini tidak ada kompetisi antarorgan relawan. "Saat ini hubungan antarorgan relawan masih konstruktif," katanya.

Dia mengatakan, hubungan itu ke depan harus diperkuat untuk mengawal kebijakan Jokowi-JK yang mungkin saja dihadang oleh Koalisi Merah Putih yang mendominasi DPR. 

"Dalam penyelenggaraan Musyawarah Relawan Nusantara pada tanggal 21-22 Agustus 2014 di Hotel Grand Cempaka yang melibatkan 170 organ relawan pusat dan daerah semua organ relawan Jokowi-JK solid akan mengawal dan mengamankan kebijakan Jokowi-JK," pungkas Indro. (boy/jpnn)


JAKARTA - Koordinator Forum Relawan Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Sukmadji Indro Tjahyono, menanggapi aksi sekelompok relawan yang berdemo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News