Menarik Minat Pengunjung ke Pantai Ujong Pancu, Aceh Besar

Menarik Minat Pengunjung ke Pantai Ujong Pancu, Aceh Besar
Menarik Minat Pengunjung ke Pantai Ujong Pancu, Aceh Besar

jpnn.com - Aceh Besar memiliki tempat wisata, yakni Pantai Ujong Pancu. Sayangnya, pantai yang dilengkapi pegunungan tersebut belum menjadi tujuan utama wisatawan.

* * *

TIDAK perlu jauh-jauh mencari pantai dari Banda Aceh. Hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari ibu kota Provinsi Aceh tersebut, kita sudah bisa menemukan tempat yang bisa menghilangkan penat. ’’Sayangnya, sekarang tempat itu jarang didatangi wisatawan. Saat ini warga yang datang hanya ingin memacing,’’ ujar M. Saleh, salah seorang tokoh masyarakat di Desa Ujong Pancu yang masuk wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Pantai indah itu biasa disebut Pantai Ujong Pancu karena berlokasi di Desa Ujong Pancu, Kecamatan Pekan Bada, Aceh Besar. Petualangan ke tempat tersebut dimulai dengan menaklukkan bukit yang ditumbuhi pohon dan semak-semak. Perjalanan tidak terasa melelahkan karena sepanjang jalan akan ditemani pepohonan.

Setelah berhasil, kita akan disambut panorama pantai yang eksotis. Ketika pagi kita bisa menikmati embusan angin laut yang masih alami di tempat tersebut. Pasir di pinggiran pantai pun masih bersih. Saat sore hamparan biru laut membuat Pantai Ujong Pancu sayang dilewatkan. Pemandangan teesebut dipadu dengan keelokan matahari yang mulai terbenam.

Beningnya air laut membuat wisatawan bisa melihat apa yang tersembunyi di bawahnya. Laut Ujong Pancu kaya akan terumbu karang dan ikan.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Besar M. Ali kepada koran ini menyatakan, Pantai Ujong Pancu merupakan pantai terlupakan yang segera dibenahi secara perlahan- lahan. Tujuannya, wisatawan tertarik untuk kembali datang ke tempat itu. ’’Kami jadikan wisata Aceh Besar yang ternama di Aceh, juga Indonesia,’’ ungkapnya. (hen/JPNN/c15/diq)

Berita Selanjutnya:
Harga Sawit Rp 800 per Kg

Aceh Besar memiliki tempat wisata, yakni Pantai Ujong Pancu. Sayangnya, pantai yang dilengkapi pegunungan tersebut belum menjadi tujuan utama wisatawan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News