Lurah Belum Sadar Penanganan Sampah

Lurah Belum Sadar Penanganan Sampah
Lurah Belum Sadar Penanganan Sampah

jpnn.com - JAKARTA - Kesadaran mengatasi sampah masih sangat minim dilakukan oleh lurah yang ada di wilayah Jakarta Timur. Terbukti keberadaan bank sampah di setiap kelurahan di sana masih sangat minim, meski Wali Kota Jakarta Timur sudah mengimbau untuk membuatnya. 

Segala upaya dan janji sudah diberikan Wali Kota Jakarta Timur, Krisdianto termasuk akan memberikan hadiah hadiah sepeda motor bagi setiap kelurahan yang di seluruh RW-nya memiliki bank sampah. "Saya akan memberikan bonus sepeda motor kepada lurah yang di seluruh RW-nya memiliki bank sampah," ujar Krisdianto saat mengunjungi RW 02, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, kemarin (31/8).
      
Menurutnya juga, upaya itu dilakukan guna merangsang lurah untuk ikut mengatasi masalah sampah dengan melibatkan peran masyarakat. Namun, ucap Krisdianto juga, walau sudah kerap kali dia ucapkan namun belum ada satu pun lurah yang di setiap RW-nya memiliki bank sampah. 

"Sudah saya tantang begitu lurah-nya. Sampai sekarang belum ada yang maju," ucap Krisdianto juga.
Dipilihnya bank sampah, lanjut Krisdianto, selain mengatasi masalah sampah juga memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat. Karena sebelum sampah di buang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sampah dapat dipilah-pilah dahulu di setiap rumah. 

"Sampah yang dapat didaur ulang dapat dijual ke bank sampah. Misalnya botol air mineral dan kardus," paparnya juga. Terakhir, Krisdianto mengungkapkan, keberadaan bank sampah sangat membantu pemerintah daerah mengatasi sampah, lantaran sampah menjadi masalah pelik. 

"Karena itu masyarakat bisa berpartisipasi mengatasinya dengan bank sampah, lingkungan menjadi bersih dan masyarakat terbantu ekonominya," pungkasnya juga.

Sementara itu, Ketua RW.02 Kelurahan Pondok Bambu Ahmad Syaihakim mengatakan bersama warga rutin menggelar kerja bakti di lingkungannya. Menurut Ahmad juga, kerja bakti digelar salah satunya untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk. 

"Dulu wilayah ini kerap banjir akibat luapan Kali Sunter. Namun setelah ada KBT, debit air Kali Sunter sudah berkurang dan warga di RW 02  tidak kebanjiran lagi saat musim hujan," ujar Ahmad kepada INDOPOS.  (nas)

JAKARTA - Kesadaran mengatasi sampah masih sangat minim dilakukan oleh lurah yang ada di wilayah Jakarta Timur. Terbukti keberadaan bank sampah di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News