Beli Tanah, Mertua Anas Bawa Mesin Hitung Sendiri

Beli Tanah, Mertua Anas Bawa Mesin Hitung Sendiri
Beli Tanah, Mertua Anas Bawa Mesin Hitung Sendiri

jpnn.com - JAKARTA - Kakak Etty Mulianingsih, Ari L. Baskoro mengatakan bahwa mertua Anas Urbaningrum, Attabik Ali membawa mesih hitung sendiri ketika membeli dua bidang tanah milik Etty di Mantrijeron, Yogyakarta. Mesin hitung untuk menghitung uang yang diserahkan sebagai pembayaran tanah yang masing-masing luasnya 200 m2 dan 7870 m2.

"Pak Kiai (Atabik Ali) waktu itu sudah bawa mesin hitung," kata Ari saat bersaksi dalam persidangan terdakwa Anas di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (1/9).

Hakim Ketua Haswandi menanyakan mengenai mesin hitung itu. Dia bertanya kenapa uang itu tidak dibawa ke bank.

Menurut Ari, mesin hitung itu dibawa atas inisiatif Attabik. "Memang sudah disiapkan. Dia langsung bawa mesin," ucapnya.

Ari menjelaskan, Attabik melakukan pembayaran sebanyak tiga tahap. Selain duit rupiah, Attbaik juga membayar dengan uang USD dan emas batangan. "Emas sekitar 2 kg," ucapnya.

Pembayaran dilakukan di kantor notaris Muhammad Yusuf. Setelah itu uang dibawa ke kantor cabang BII. Namun demikian bank menolak menerima uang tunai yang jumlahnya miliaran. Akhirnya uang disimpan di safe deposit box.

"Disarankan ke kantor pusat BII di Jalan Sudirman. Setelah dihitung sampai nunggu lama (bank juga) enggak mau karena jumlah banyak," tandasnya. (gil/jpnn)

JAKARTA - Kakak Etty Mulianingsih, Ari L. Baskoro mengatakan bahwa mertua Anas Urbaningrum, Attabik Ali membawa mesih hitung sendiri ketika membeli


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News