Ketua KPU Berharap Pansus Evaluasi Pilpres secara Menyeluruh

Ketua KPU Berharap Pansus Evaluasi Pilpres secara Menyeluruh
Ketua KPU Husni Kamil Manik. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Manik, memandang positif adanya rekomendasi pembentukan panitia khusus pemilu presiden (Pansus Pilpres) dari Komisi II DPR RI, hasil rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi dengan KPU dan Bawaslu, Senin (1/9). Bahkan dia berharap pansus bisa bekerja maksimal jika terbentuk nantinya.

"Bagus lah, DPR itu penting membuat evaluasi secara menyeluruh untuk proses pemilu ini agar kemudian ada langkah lanjutan untuk membuat peraturan perundang-undangan dengan memiliki bahan yang kuat," kata Husni usai RPD dengan Komisi II di Gedung DPR Jakarta.

Menurut mantan Ketua KPU Sumatera Barat itu, upaya membenahi sistem penyelenggaraan pemilu ke depan tidak akan pernah menyentuh persoalan substansial jika tidak ada upaya serius dari DPR melakukan identifikasi terhadap seluruh persoalan yang ada.

"Kita berharap Pansus bekerja maksimal dalam mengevaluasi secara keseluruhan, semua proses ini bisa terjadi karena ada penyelenggara, peserta dan masyarakat, semua akan penting dicermati oleh Pansus," ujar Husni.

Ditambahkan, sejak awal KPU secara prinsip sudah menyatakan akan kooperatif terhadap pihak manapun yang ingin mengungkap kebenaran dalam proses penyelenggaraan pemilu. Sehingga persoalan substansi yang menjadi perdebatan bisa menjadi terang.(Fat/jpnn)

 


JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Manik, memandang positif adanya rekomendasi pembentukan panitia khusus pemilu presiden


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News