KPK Isyaratkan Banding, Kubu Atut: Kami Ikuti Proses

KPK Isyaratkan Banding, Kubu Atut: Kami Ikuti Proses
Ratu Atut Chosiyah. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Penasihat hukum Gubernur Banten nonaktif Ratu Atut Chosiyah, TB Sukatma mengaku, mengikuti proses terkait kemungkinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan banding mengenai putusan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta untuk kliennya.

"Kami dalam posisi mengikuti proses," kata Sukatma dalam pesan singkat, Selasa (2/9).

Menurut Sukatma, apabila jaksa penuntut umum pada KPK melakukan banding maka pihaknya akan melakukan hal yang sama. Dia mengaku memiliki bukti-bukti yang kuat terkait perkara Atut.

"Jikapun jaksa penuntut umum banding maka kami akan lakukan upaya yang sama karena kami punya fakta hukum yang kuat untuk membebaskan terdakwa, selain adanya dissenting opinion dari salah satu majelis," tandas Sukatma

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas menyatakan jaksa layak untuk melakukan banding terhadap putusan Atut. Sebab Atut telah merusak citra Mahkamah Konstitusi dan melukai rakyat Banten.

Hakim menjatuhkan hukuman empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider lima bulan kurungan kepada Atut. Putusan majelis hakim tidak bulat. Sebab, hakim anggota keempat, Alexander Marwata melakukan dissenting opinion.

Alexander menyatakan banyak dakwaan yang tidak bisa dibuktikan jaksa. Dengan begitu Atut layak dibebaskan dari dakwaan. Atut didakwa ikut serta dalam penyuapan terhadap Akil Mochtar yang kala itu menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi dalam sengketa Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lebak, Banten. (gil/jpnn)


JAKARTA - Penasihat hukum Gubernur Banten nonaktif Ratu Atut Chosiyah, TB Sukatma mengaku, mengikuti proses terkait kemungkinan Komisi Pemberantasan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News