Peserta Tes CPNS KemenPAN-RB Dapat Pilih Tempat Ujian

Peserta Tes CPNS KemenPAN-RB Dapat Pilih Tempat Ujian
Peserta Tes CPNS KemenPAN-RB Dapat Pilih Tempat Ujian

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membuat terobosan baru dalam pelaksanaan tes CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Agar putra-putri terbaik bangsa dari seluruh wilayah tanah air mendapat kesempatan yang sama, peserta tes dapat memilih tempat pelaksanaan tes pada 104 tempat ujian yang sebagian besar perguruan tinggi di 65 wilayah.

Kepala Biro SDM dan Umum KemenPAN-RB Otok Kuswandaru mengatakan, setelah melakukan pendaftaran secara online, pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat dan lolos seleksi administrasi dapat mengikuti tes di perguruan tinggi yang ditunjuk, yang berdekatan dengan tempat tinggalnya.

"Mereka bisa memilih tempat tesnya di 104 tempat yang tersebar di seluruh tanah air," ujar Otok Kurwandaru kepada wartawan di kantornya, Selasa (2/9).

Otok yang didampingi Kabag SDM dan Organisasi KemenPAN-RB Ugi Cahyo Setiono mengungkapkan, tahun ini pihaknya akan merekrut 20 CPNS. Diharapkan peserta tes merupakan lulusan dari berbagai perguruan tinggi di seluruh tanah air, sehingga aparatur sipil negara dapat benar-benar menjadi perekat NKRI.

Meskipun KemenPAN-RB merupakan instansi yang hanya ada di Jakarta, namun dengan penerapan teknologi informasi, dimungkinkan untuk melakukan tes di luar Jakarta.  

Menurut Otok, dalam pelaksanaan TKD CPNS KemenPAN-RB tahun 2014, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Peserta dapat memilih lokasi tes yang paling dekat dengan tempat tinggalnya, dan tidak perlu buang-buang duit untuk biaya transportasi ke Jakarta," imbuhnya.

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membuat terobosan baru dalam pelaksanaan tes CPNS dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News