Dorong Jokowi-JK Perluas Penjaminan Kredit bagi UMKM

Dorong Jokowi-JK Perluas Penjaminan Kredit bagi UMKM
Dorong Jokowi-JK Perluas Penjaminan Kredit bagi UMKM

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi Keuangan dan Perbankan DPR, Nusron Wahid mengharapkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla nanti memiliki komitmen tinggi bagi pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM). Menurutnya, duet yang dikenal dengan sebutan Jokowi-JK harus mampu menyediakan akses pinjaman yang mudah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha dengan cara mempermudah penjaminan kredit.

Hal itu disampaikan Nusron saat berbicara pada acara Rakernas 2014 Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) di Jakarta, Selasa (2/9) malam. Di acara bertema “Urgensi Peranan Lembaga Penjamin Kredit Bagi UMKM dan Koperasi” itu Nusron mengatakan, selama ini meski kredit usaha rakyat (KUR) sangat banyak manfaatnya tapi tidak menjangkau seluruh pelaku UMKM.

“Karena yang mendapat fasilitas premi penjaminan kredit hanya penerima KUR di bank-bank pemerintah. Padahal pelaku UKM yang belum tersentuh KUR masih sekitar 70 juta orang," katanya.

Nusron menjelaskan, penjaminan kredit telah terbukti telah berhasil memberikan kontribusi dalam peningkatan aset, omzet, dan keuntungan berlipat bagi para penerimanya. Menurutnya, andai saja para pelaku UMKM bisa mendapat akses kredit dari bank BUMN maupun BUMD seperti halnya fasilitas KUR, maka hal itu akan sangat membantu.

Lebih lanjut Nusron mengatakan, kalau konsep penjaminan kredit terus dikembangkan di berbagai provinsi maka bisnis di daerah pun akan semakin bergairah. Terlebih,  ulas politisi muda yang juga dikenal sebagai Ketua Umum GP Ansor itu, kini mulai banyak perusahaan penjaminan daerah.

Ditegaskannya, majunya UMKM juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan inklusif. “Dan tentunya penambahan tingkat penyerapan tenaga kerja juga akan berlipat," beber pria yang pernah menyusun tesis tentang KUR itu.

Politisi Partai Golkar yang menjadi anggota tim sukses Jokowi-JK di pemilu presiden itu menambahkan, program KUR yang digulirkan di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ternyata cukup sukses untuk pengentasan kemiskinan. Karenanya, lanjut Nusron, sudah semestinya Jokowi-JK juga meneruskan program yang positif di era kepemimpinan SBY meski bisa saja dalam bentuk lain. “Apapun namanya nanti, program KUR ini solusi terbaik yang pernah dilakukan oleh pemerintah SBY yang wajib dilanjutkan,” tegasnya.

Sedangkan Dirut Jamkrindo, Diding S Anwar menganggap ide tentang pemberian KUR bagi seluruh pelaku UMKM merupakan hal bagus. Karenanya, Jamkrindo juga siap memfasilitasinua. "Kami siap melayani kalau sampai semua bank diijinkan untuk mendapatkan fasilitas penjaminan kredit,” tegasnya.(ara/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi Keuangan dan Perbankan DPR, Nusron Wahid mengharapkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla nanti memiliki komitmen tinggi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News