Premier League Terboros Sepanjang Masa

Premier League Terboros Sepanjang Masa
MU memecahkan rekor transfer saat mendatangkan Angel Di Maria dari Real Madrid. Foto: ist.

jpnn.com - LONDON - Jendela transfer musim panas sudah resmi ditutup. Premier League akhirnya resmi menjadi liga dengan pengeluaran terbesar di dunia. Kalau ditotal, sebanyak 20 tim di kasta tertinggi Liga Inggris menghamburkan dana mencapai GBP 910,2 juta (Rp 17,6 triliun). 

Itulah rekor pengeluaraan terbanyak sebuah liga sepak bola sepanjang masa. Bahkan jika dibandingkan dengan musim panas lalu, jumlah tahun ini melesat sangat jauh, meningkat lebih dari Rp 2 triliun. Pengeluaraan itu jomplang dengan pemasukan. Kalau ditotal, pendapatan tim Premier League dengan menjual pemain adalah GBP 391,7 juta (Rp 7,6 triliun). Artinya, neraca anggaran klub-klub Inggris minus sampai Rp 10 triliun.

Manchester United menjadi tim terboros Premier League dengan pengeluaraan GBP 153,1 juta (Rp 2,97 triliun). Menurut firma keuangan papan atas yang berbasis di London, Deloitte, United sangat royal di bursa transfer karena mendapatkan kontrak dengan stasiun TV domestik yang sangat besar. 

"Musim panas ini, sekali lagi klub-klub Premier League mencuri perhatian dengan memecahkan rekor pengeluaraan terbesar di dunia. Bahkan jika dibandingkan musim lalu, musim ini jauh lebih tinggi," ucap Dan Jones, penanggung jawab bidang bisnis olahraga grup Deloitte kepada The Guardian.

"Musim panas ini, rekor pembelian seorang pemain juga pecah di Premier League. Itu ketika Manchester United membeli Angel Di Maria dari Real Madrid," imbuh Jones. 

Jumlah pengeluaran total 20 klub Premier League memang bikin geleng-geleng kepala. Sebab jika dibandingkan dengan liga-liga top Eropa lainnya, Premier League melesat jauh di depan. 

Paling dekat dengan Premier League adalah Primera Division, Spanyol. Di sana, total pengeluaran klubnya "hanya" mencapai GBP 424 juta  (Rp 8,2 Triliun). Artinya, itu kurang dari separuh dari jumlah uang yang diangsurkan tim-tim Inggris. 

Paling mendominasi dalam jendela transfer La Liga mudah ditebak yakni dua raksasa Real Madrid dan Barcelona. Real menghabiskan dana GBP 107,8 juta (Rp 2,09 triliun). Sedangkan Barca lebih banyak lagi, menembus GBP 138 (Rp 2,6 triliun). Atletico Madrid yang menjadi juara musim lalu ada di posisi ketiga dengan pengeluaraan sebesar GBP 96,8 (Rp 1,8 triliun). 

LONDON - Jendela transfer musim panas sudah resmi ditutup. Premier League akhirnya resmi menjadi liga dengan pengeluaran terbesar di dunia. Kalau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News