Terinspirasi Doa 'Sapu Jagad', JK Pelopori Gerakan Hasanah

Terinspirasi Doa 'Sapu Jagad', JK Pelopori Gerakan Hasanah
Terinspirasi Doa 'Sapu Jagad', JK Pelopori Gerakan Hasanah

jpnn.com - JAKARTA - Untuk meraih kebaikan dan keberuntungan di akhirat, harus berbuat kebaikan di dunia. Karena itu, dunia adalah faktor penyebab akhirat atau surga.

Demikian pelajaran yang dipetik Wakil Presiden terpilih M. Jusuf Kalla dari doa "robbana atina fid dunya hasanah, wafil akhirati hasanah waqina azabannar". Doa yang setiap hari dipanjatkan umat Islam mempunyai arti: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Terinspirasi dari doa 'sapu jagad' tersebut, JK yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini akan mempelopori sebuah gerakan untuk kebaikan. Gerakan itu diberi nama Gerakan Hasanah.

Hasanah yang dalam Bahasa Arab berarti baik atau kebaikan itu sengaja diambil sebagai nama gerakan agar setiap yang dilakukan nantinya memberi kemanfaatan dan keuntungan bagi orang banyak.

"Pak JK akan membuat terobosan baru dalam bentuk gerakan massal. Gerakan itu tujuannya untuk kemanfaatan dan kebaikan bagi semua," jelas juru bicara DMI, Hery Sucipto, Selasa (3/9).

Apa saja yang akan digarap? Kader muda Muhammadiyah ini menjelaskan, gerakan Hasanah terbuka untuk umum, tidak ada pemimpinnya, siapa saja bisa bergabung, dan akan melakukan program nyata dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, sosial, kesehatan, perdagangan, selain dakwah Islam.

"Sedikitnya, Pak JK ingin mengajak masyarakat lebih banyak beramal nyata dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas. Jangan hanya ibadah saja yang diperbanyak, tapi juga amal konkret, dan prestasi juga harus digerakkan lebih luas lagi," pungkasnya. (rmo/jpnn)


JAKARTA - Untuk meraih kebaikan dan keberuntungan di akhirat, harus berbuat kebaikan di dunia. Karena itu, dunia adalah faktor penyebab akhirat atau


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News