Lantik 10 Kapolda, Kapolri Ingatkan Perwira yang Jauh dari Istri

Lantik 10 Kapolda, Kapolri Ingatkan Perwira yang Jauh dari Istri
Lantik 10 Kapolda, Kapolri Ingatkan Perwira yang Jauh dari Istri

jpnn.com - JAKARTA - Sebanyak 16 Perwira Tinggi Mabes Polri yang terdiri antara lain Irwasum dan 10 Kapolda, dilantik Kapolri Jenderal Sutarman, Rabu (3/9), di Mabes Polri.

Salah satu yang mendapat promosi jabatan adalah Irjen Dwi Priyatno. Dwi dilantik menjadi Irwasum Mabes Polri menggantikan Komjen Anton Bachrul Alam yang pensiun. Dwi sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya. Jabatan yang ditinggal Dwi dipercayakan Kapolri kepada Irjen Unggung Cahyono yang sebelumnya merupakan Kapolda Jawa Timur. Sedangkan jabatan yang ditinggal Unggung dipercayakan kepada Irjen Anas Yusuf yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri.

Kapolri juga mempercayakan jabatan Kapolda Sulawesi Selatan kepada Irjen Anton Setiadji yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Hukum Polri. Anton menggantikan Irjen Burhanuddin Andi yang kemudian dipercayakan menjadi Koorsahli Kapolri. 

Jabatan yang ditinggal Anton  dipercayakan kepada Brigjen Moecgiyarto yang sebelumnya menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Kapolda NTB dipercayakan kepada Brigjen Srijono. 

Tak cuma itu, jabatan Gubernur Akademi Kepolisian dipercayakan Kapolri kepada Irjen Pudji Hartanto yang sebelumnya menjabat Kepala Korps Lalu Lintas Polri. Sedangkan Gubernur Akpol sebelumnya, Irjen Eko Hadi, dipercayakan menjabat Kapolda Sumatera Utara. Pengganti Pudji sebagai Kakorlantas Polri adalah Brigjen Condro Kirono yang sebelumnya menjabat Kapolda Riau. Jabatan yang ditinggal Condro dipercayakan Kapolri kepada Brigjen Bambang Hermawan.

Selain itu, Kapolri juga mempercayakan jabatan Kapolda Kalimantan Timur kepada Irjen Dicky Atotoy, Kapolda Jambi kepada Brigjen Bambang Sudarisman, Kapolda Kepulauan Riau kepada Brigjen Arman Depari dan Wakapolda Aceh Brigjen Endang, dan Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri Irjen Haka Astana yang sebelumnya menjabat Sahlijemen Kapolri. Haka menggantikan Irjen Mustafa Hari Kuncoro.

Dalam amanatnya Kapolri juga menyinggung soal pelayanan dan penegakan hukum di lingkungan Polri. Kapolri memerintahkan Kapolda dan Kapolri mereduksi hal tersebut. Salah satu caranya, kata Kapolri, mengajak anak dan istri ke kota tempat mereka didinaskan. "Saya waktu dinas di Timtim saja dulu ajak anak dan istri sehingga saya bisa sampai seperti sekarang," ujar Kapolri dalam sambutannya.

Ia menambahkan, kalau ada Kapolda dan Kapolres yang tidak mengajak keluarganya ke kota di mana mereka didinaskan, lebih baik dievaluasi saja. "Ditarik saja, diganti. Kalau jauh dari anak dan istri, imannya bisa kuat, tapi imronnya bisa tidak kuat," kata Sutarman.

JAKARTA - Sebanyak 16 Perwira Tinggi Mabes Polri yang terdiri antara lain Irwasum dan 10 Kapolda, dilantik Kapolri Jenderal Sutarman, Rabu (3/9),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News