Penyandang Disabilitas Siap Bersaing dalam CAT CPNS

Penyandang Disabilitas Siap Bersaing dalam CAT CPNS
M. Aditianto, bersama orangtuanya. Foto: Mesya Mohamad/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Penyandang disabilitas pun ingin mendapatkan hak yang sama. Mereka siap bersaing dalam seleksi CPNS dengan computer assisted test (CAT). Salah satunya adalah Mochamad Aditianto. Dia merasa lebih enjoy menggunakan komputer ketimbang manual (pakai braille).

"Saya siap dites pakai CAT, karena lebih enak pakai komputer. Apalagi khusus di Jakarta, kita lebih mahir menggunakan komputer ketimbang braille," kata Mochamad Aditianto, penyandang disabilitas yang ingin melamar CPNS saat bertandang di media center Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Rabu (3/9).

Pria berusia 25 tahun ini mengaku tertarik menjadi PNS karena ada formasi khusus dari kaum disabilitas. Berbeda dengan di swasta yang jarang memberikan kesempatan bagi kaum disabilitas untuk bekerja.

"Saya dapat info tahun ini ada formasi khusus bagi kaum disabilitas. Saya pengen ikut tes," ujar lulusan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ber-IPK 3,48 ini.

Dia menambahkan, dengan tes CAT, rasa percaya dirinya makin bertambah karena persaingan lebih sehat. "Saya masuk PTN lewat UMPTN. Kalau untuk menjadi PNS harus tes CAT, saya siap juga," tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Penyandang disabilitas pun ingin mendapatkan hak yang sama. Mereka siap bersaing dalam seleksi CPNS dengan computer assisted test (CAT).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News