Presiden SBY Resmikan 21 Proyek MP3EI

Presiden SBY Resmikan 21 Proyek MP3EI
Presiden SBY Resmikan 21 Proyek MP3EI

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan 21 proyek dan tujuh groundbreaking proyek-proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Peresmian keseluruhan proyek tersebut dilaksanakan di Jakarta Convention Center, Jumat (5/9).

Berdasarkan validasi Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) yang dilaporkan Menko Perekonomian Chairul Tanjung, investasi yang sudah terealisasi sebesar Rp 860,3 triliun yang terdiri dari 383 proyek. Angka merupakan realisasi  tiga tahun pelaksanaan MP3EI, yakni 2011 hingga Agustus 2014.

Dari proyek-proyek tersebut, 174 diantaranya berada di sektor riil dengan total investasi Rp 441,2 triliun. Kemudian, 209 proyek infrastruktur dengan total investasi sebesar Rp 422,3 triliun.

"Kita diajari, di era globalisasi ini harus pandai-pandai mendapatkan kesempatan. Semoga MP3EI lebih dari hanya mendapatkan, tapi menciptakan kesempatan," ujar Presiden dalam sambutannya.

MP3EI, lanjut Presiden SBY, berperan penting dalam pembangunan konektivitas dalam konteks regional dan global. Asia, termasuk ASEAN, tumbuh menjadi pilar tertinggi dalam perekonomian dunia. Oleh karena itu, percepatan konektivitas di kawasan tersebut menjadi amat penting.

"Ketika saya menganalisis dan mencoba memahami konsep besar ini, agar Asia terhubung satu sama lain, maka kewajiban kita memastikan terlebih dahulu bahwa negara kita harus terhubung dengan baik," tegasnya.

Usai memberikan sambutan, Presiden SBY melakukan percakapan melalui vide atau video conference dengan enam gubernur yang mewakili koridor ekonomi dalam MP3EI. Mereka adalah Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur NTB Zainul Majdi, dan Gubernur Sulawesi Tenggara Longki Djanggola. Kemudian, Gubernur Kalimatan Barat Cornelis, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho. (flo/jpnn)


JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan 21 proyek dan tujuh groundbreaking proyek-proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News