Pilkada Langsung Beri Peluang Munculnya Pemimpin Bermutu

Pilkada Langsung Beri Peluang Munculnya Pemimpin Bermutu
Pilkada Langsung Beri Peluang Munculnya Pemimpin Bermutu

jpnn.com - JAKARTA - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap menginginkan kepala gubernur, bupati dan walikota tetap dipilih langsung oleh rakyat.

Hal ini disampaikan Sekretaris Fraksi PKB DPR, Hanif Dakhiri menyikapi pro kontra soal mekanisme pemilihan kepala daerah dalam pembahasan RUU Pilkada yang ditargetkan rampung sebelum berakhirnya masa jabatan DPR periode 2009-2014.

"Pilkada langsung membedakan era reformasi dengan era sebelumnya. Kedua, karena pilkada langsung meneguhkan kedaulatan rakyat dan karenanya menguatkan demokrasi kita," kata Hanif dikonfirmasi, Jumat (5/9).

Alasan lain mengapa Pilkada langsung harus tetap dipertahankan, karena memang mekanisme merupakan keinginan rakyat. Kalaupun ada dampak negatif dari sistem pilkada langsung, hal itu masiih bisa dibenahi.

"Kalaupun ada efek negatif dari pilkada langsung seperti misalnya politik uang, itu masih bisa dikelola melalui penataan sistem pemilu secara keseluruhan," jelasnya.

Terakhir, Ketua DPP PKB itu menyebutkan melalui pilkada langsung, peluang munculnya pemimpin yang baik dan berkualitas akan semakin besar.(fat/jpnn)

 


JAKARTA - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap menginginkan kepala gubernur, bupati dan walikota tetap dipilih langsung oleh rakyat. Hal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News