Mahasiswa vs Polisi Makassar, Dua Busur Diamankan

Mahasiswa vs Polisi Makassar, Dua Busur Diamankan
Mahasiswa vs Polisi Makassar, Dua Busur Diamankan

jpnn.com - MAKASSAR - Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Kota Makassar yang merupakan gabungan lima kampus dan masyarakat sipil yakni, Universitas Bosowa 45, UIT, UIN Alauddin, UMI, dan Unismuh terlihat bentrok degan aparat kepolisian di depan PT PLN wilayah Sulselrabar, Selasa, 16 September.

Sebelumnya, pukul 13.30 ratusan mahasiswa memblokade tiga perempat jalan Hertasning dengan menggunakan truk roda enam berwarna kuning. Hal ini membuat arus lalu lintas terhambat. Macet pun tak terhindarkan, pengguna jalanpun mengeluh.

Aksi Aliansi Mahasiswa kemarin, menuntut Genegeral Manager (GM) PT PLN, Asbullah mundur dari jabatannya. Nur Lili yang juga korlap aksi kemarin mengaku, berdasarkan kajian atas pelaksanaan tander ia menyimpulkan di dalam proses pelaksanaannya sarat dengan praktik KKN antara panitia dan salah satu rekanan.

Panitia pengadaan barang dan jasa PT PLN (Persero) sektor Kendari telah melakukan aanwijzing 20 Agustus hingga 21 Agustus di kantor PT PLN sektor Kendari. Hanya saja, aanwijzing ini mengundang banyak pertanyaan bahkan kecurigaan dari peserta rekanan.

Aanwijzing merupakan salah satu tahap dalam sebuah tender dalam memberikan penjelasan mengenai pasal-pasal dalam RKS (Rencana Kerja dan Syarat-Syarat), Gambar Tender, RAB dan TOR (Term of Reference).

"Dengan kata lain panitia tidak mentoleril rekanan yang memasukkan materil selain dari Eropa. Ini kan melanggar keputusan Direksi No.994.K/DIR/2011, tentang kebijakan penggunaan sparepart non original equipment manufacture (Non-OEM)," kata Nur Lili seperti dilansir Fajar (JPNN Grup), Rabu (17/8).

Pukul 14.00, Amir Guliling, Humas PT PLN turun berdialog dengan demostran. Ia berkoodinasi dengan korlap disaksikan aparat kepolisian. Namun perwakilan demostran tidak ingin berdialog bila GM PT PLN sendiri yang mendatangi mereka.

Tidak ada kejelasan, para demostran pun memaksa masuk ke dalam gedung PLN. Namun dihalang oleh kepolisian dari Polrestabes. Tidak lama kemudian, lemparan datang dari arah demostran, mengenai pihak polisi.

MAKASSAR - Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Kota Makassar yang merupakan gabungan lima kampus dan masyarakat sipil yakni, Universitas Bosowa 45,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News