Google Doodle Peringati Ulang Tahun Leo Tolstoy ke-186

Google Doodle Peringati Ulang Tahun Leo Tolstoy ke-186
Google Doodle Peringati Ulang Tahun Leo Tolstoy ke-186. JPNN.com

jpnn.com - Google kembali merupah tampilan layarnya. Perusahaan mesin pencari asal Amerika Serikat itu menampilkan seorang pria yang berjanggut.

Pria itu adalah Leo Tolstoy. Tampilan Google Doodle dengan menghadirkan pria asalah Rusia itu sebagai bentuk penghormatan yang hari ini merupakan ulang tahun ke-186.

Google Doodle menampilkan slide show untuk menggmabkar sejarah perjalanan hidup Leo Tolstoy. Tampilan itu diawali dengan gambar berjanggut Tolstoy yang sementara menulis di meja dan diterangi lilin. Dilanjutkan dengan sliden war and peace, adegan dari karya-karyanya yang paling terkenal dan sejara Anna Karenina dan kematian dari Ivan Ilyich.

Slide itu tentu menggambarkan sosok pria yang merupakan Pangeran Lev Nikolayevich Tolstoy. Lahir di Yasnaya Polyana, 9 September 1828, Tolstoy tumbuh dengan cerdas. Dia merupakan sastrawan Rusia dan sekaligus pembaharu sosial.

Dikenang sebagai seorang novelis terbesar karena adi karyanya Perang dan Damai dan Anna Karenina mempengaruhi kehidupan sosial kala itu. Kedua buku ini berdiri pada puncak fiksi realistik.

Tolstoy juga dikenal sebagai seorang filsuf moral ia terkenal karena gagasan-gagasannya tentang perlawanan tanpa kekerasan. Gagasan ini tertuang dalam karyanya Kerajaan Allah ada di Dalam Dirimu, yang pada gilirannya memengaruhi tokoh-tokoh abad ke-20 seperti Mahatma Gandhi dan Martin Luther King, Jr.

Karena radang paru-paru, Wikipedia mencatat Tolstoy akhirnya meninggal di stasiun Astapovo pada 1910 setelah meninggalkan rumahnya di tengah musim dingin pada usia 82 tahun. Kematiannya terjadi hanya beberapa hari setelah ia meninggalkan keluarganya dan kekayaannya dan mengambil sikap hidup sebagai seorang pertapa keliling. (awa/jpnn)


Google kembali merupah tampilan layarnya. Perusahaan mesin pencari asal Amerika Serikat itu menampilkan seorang pria yang berjanggut. Pria itu adalah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News