Sering Dipanggil DPR, Bukti Karen Mundur Karena Tekanan Politik

Sering Dipanggil DPR, Bukti Karen Mundur Karena Tekanan Politik
Sering Dipanggil DPR, Bukti Karen Mundur Karena Tekanan Politik

jpnn.com - JAKARTA - Keputusan mundurnya Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan kembali menjadi bahan perbincangan. Mantan Komisaris Pertamina Umar Said menduga Karen mundur lantaran tekanan politik.

"Bukan di Indonesia saja, dimana-mana juga begitu (ada tekanan politik). Industri minyak selalu lengket sekali dengan politik, dengan kekuasaan. Itu dimana-mana, di Malaysia juga gitu," ujar Umar usai menghadiri sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (9/9).

Hanya saja, lanjut Umar, aturan di Malaysia jelas. Di Malaysia, Dirut Petronas tidak pernah dipanggil DPR. Seringnya pemanggilan tersebut, menandakan pengaruh politik cukup kuat terhadap Pertamina. Dia menilai, seharusnya DPR memanggil pemerintah bukan dirut Pertamina.

"Kalau dirut Pertamina dipanggil itu setahun bisa sepuliuh kali. Ini kebijakan minyak bukan urusan Pertamina, ini urusannya pemerintah, yang dipanggil seharusnya pemerintah dong. DPR kan lembaga politik, yang dipanggil lembaga politiknya dong, jangan lembaga bisnis, nggak nyambung," serunya.

Karena alasan itulah, Umar menduga Karen mundur karena adanya tekanan politik. "Saya duga kuat ke situ," tandasnya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Keputusan mundurnya Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan kembali menjadi bahan perbincangan. Mantan Komisaris Pertamina Umar Said


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News