Mahasiswa Indonesia Hanya Satu, Berminat Ikut Campus Expo

Mahasiswa Indonesia Hanya Satu, Berminat Ikut Campus Expo
BUTUH TEMAN: Abu Hasan Ashari (kanan) menyapa dua teman kuliahnya di asrama mahasiswa asing di kampus Ningxia University, Jumat (5/9). Frizal Kurniawan/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Jalur sutra baru yang digagas Tiongkok diharapkan membentang hingga negara-negara Timur Tengah. Untuk memenuhi ambisi itu, Tiongkok mencari sumber daya manusia terbaik dari negara-negara muslim, khususnya mahasiswa asal Indonesia.


Laporan Bayu Putra-Nur Frizal K., Yin Chuan
=======================================


Tujuan studi luar negeri para pelajar Indonesia tidak sulit ditebak. Harvard, Oxford, SNU, Tokyo University, atau universitas-universitas terkemuka lain. Bagaimana dengan Ningxia University di Tiongkok? Jangankan lokasi universitas itu, nama Ningxia University saja, belum banyak orang Indonesia yang mendengar.

Provinsi Ningxia memang tidak sepopuler Beijing, Shanghai, Guangzhou, atau Nanjing. Namun, dalam ambisi besar Presiden Tiongkok Xi Jinping, Ningxia jauh lebih berharga jika dibandingkan dengan kota-kota megapolitan itu. Posisi Ningxia yang menjadi pintu gerbang barat Tiongkok akan membuka jalur perdagangan legendaris yang populer disebut jalur sutra baru ke negara-negara Timur Tengah.

Karena lokasi Ningxia yang strategis, pemerintah Tiongkok menganugerahi status otonomi khusus. Dengan berbagai keleluasaan dalam menjalin hubungan dengan pihak luar negeri, provinsi di bagian barat Tiongkok tersebut sangat gencar membangun pusat-pusat bisnis, industri, dan teknologi informasi.

Gedung-gedung menjulang terus berdiri. Kawasan industri bertebaran di mana-mana. Nah, jika ’’hardware’’-nya sudah siap, tahap berikutnya tentu menyiapkan ’’software’’ berupa tenaga ahli untuk menghidupkan kawasan terpadu yang direncanakan selesai pada 2018 itu.

Ningxia University digadang-gadang menjadi salah satu pemasok inovator dan tenaga ahli untuk pusat bisnis yang akan diisi banyak investor asal Timur Tengah. Tidak heran bila pemerintah Tiongkok kini gencar mempromosikan kampus tersebut demi mencetak para ilmuwan dan tenaga ahli yang diinginkan.

Berkat bantuan Konsulat Jenderal Tiongkok di Surabaya, delegasi Jawa Pos Group berkesempatan mengunjungi Ningxia University akhir pekan lalu. Rombongan yang terdiri atas Wapemred Jawa Pos Abdul Rokhim, Direktur Pemberitaan JTV Imam Syafii, Pemred Pontianak Post Salman Busrah, Pemred Kaltim Post Muhammad Rizal Juraid, Wapemred Sumatera Ekspres Nurseri Marwah, dan Pemred Riau TV Bambang Suwarno itu langsung disambut suasana sejuk saat turun dari bus yang membawa mereka ke kampus di pinggiran Kota Yin Chuan, ibu kota Provinsi Ningxia.

Jalur sutra baru yang digagas Tiongkok diharapkan membentang hingga negara-negara Timur Tengah. Untuk memenuhi ambisi itu, Tiongkok mencari sumber

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News