Sarjana Indonesia Lebih Mudah Kuliah di LN

Sarjana Indonesia Lebih Mudah Kuliah di LN
Sarjana Indonesia Lebih Mudah Kuliah di LN

jpnn.com - VIENTIANE - Mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Selandia Baru tahun depan tidak bakal menemui jalan rumit lagi. Sebab, negara tersebut sudah melakukan kerja sama dengan Indonesia untuk bisa langsung menerima mahasiswa lulusan perguruan tinggi (PT) di Indonesia guna melanjutkan kuliah di sana. Selama ini mahasiswa yang akan berkuliah di Selandia Baru harus mengikuti tes khusus terlebih dulu.

Kesepakatan di antara dua negara itu kemarin (10/9) dituangkan dalam kerja sama government-to-government (G to G) bidang pendidikan. Kesepakatan kedua negara merupakan hasil pertemuan bilateral menjelang pembukaan forum The 8th ASEAN Education Ministers Meeting (8th ASED) dan The 9th ASEAN Senior Officials Meeting on Education (SOM-ED) yang akan dibuka hari ini.

Agenda dua tahunan itu berlangsung mulai kemarin hingga 13 September di Vientiane, Laos. Seluruh negara ASEAN berkumpul untuk kerja sama bidang pendidikan ke depan.

Pertemuan bilateral tersebut dihadiri Staf Ahli Menteri Bidang Sosial dan Ekonomi Pendidikan Taufik Hanafi dari Indonesia dan Deputy Secretary, Graduate Achievement, Vocations and Careers Claire Douglas. Hasil pertemuan itu, kedua pihak sepakat merealisasikan Joint Working Group (JWG) kedua pada Maret 2015 di Indonesia. JWG pertama diadakan pada 2012 di Wellington, Selandia Baru.

"Jadi, JWG kedua giliran di Indonesia. Fokusnya pada penguatan terhadap pendidikan tinggi," jelas Taufik.

Dia menambahkan, payung hukum perjanjian kerja sama RI dengan Selandia Baru adalah MoU (nota kesepahaman) yang diteken M. Nuh bersama Hon Anne Tolley, menteri pendidikan Selandia Baru, di Jakarta pada 14 Juli 2011. Perjanjian kerja sama kedua negara berlaku hingga 14 Juli 2021.

"Dan kami tindak lanjuti terus melalui G to G dengan memantau perkembangan kerja sama lewat Joint Working Group," jelas dia.

Agenda JWG pada 2015 membahas pengakuan bersama mengenai"gelar akademik di antara kedua negara. Pengakuan itu penting sehingga mahasiswa Indonesia bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi"di Selandia Baru. Demikian pula sebaliknya.

VIENTIANE - Mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Selandia Baru tahun depan tidak bakal menemui jalan rumit lagi. Sebab, negara tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News