Produksi Beras Aman Hingga 2015

Produksi Beras Aman Hingga 2015
Produksi Beras Aman Hingga 2015

jpnn.com - SERANG - Produksi beras di Provinsi Banten pada tahun 2014 diprediksi surplus secara nasional meskipun terjadi serangan hama wereng batang cokelat.

"Kami menargetkan tahun ini produksi pangan hanya 2.039.610.000 ton gabah kering giling (GKG). Itu akan surplus," kata Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Banten, Kanim Diarna di Serang, Kamis (11/9).
    
Kanim mengatakan, produksi GKG  itu dipastikan membuat Provinsi Banten surplus secara nasional sehingga persediaan beras mencukupi selama setahun kedepan.

Meningkatnya surplus tersebut karena sepanjang 2014 curah hujan cukup tinggi sehingga berdampak terhadap musim tanam.
    
Tahun ini, kata dia, petani bisa tanam tiga kali musim karena curah hujan itu, padahal biasanya hanya dua musim. Selain itu juga Dinas Pertanian Provinsi Banten telah menyelenggarakan sekolah lapang bagi petani sawah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan mengembangkan sistem penanaman legowo serta peningkatan mutu intensifikasi (PMI).

Mereka juga petani menggunakan benih unggul dan tahan hama serta terpenuhi penggunaan pupuk non organik. Dengan demikian, ujar dia, produksi pangan tahun ini di Provinsi Banten surplus.
    
"Kami terus meningkatkan produksi pangan dengan mengoptimalkan SDM petani juga terpenuhi sarana dan prasarana pertanian itu," katanya.

Menurutnya, produksi pangan sebanyak 2.039.610.000 ton GKG antara lain Kabupaten Lebak 468.442 ton, Kabupaten Pandeglang 633.621 ton, Kabupaten Tangerang 368.856 ton, dan Kabupaten Serang 444.3339 ton. Kota Tangerang 6.325 ton, Kota Cilegon 12.138 ton, Kota serang 75.233 ton dan Kota Tangsel 656 ton.

Saat ini, jumlah areal persawahan di Provinsi Banten berdasarkan data Direktorat Jenderal Sarana dan Prasarana Pertanian tercatat 191.020.000 hektar.

"Kami yakin produksi pangan di Banten surplus dan melimpah karena mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat," katanya.
    
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Dede Supriatna mengatakan pihaknya optimistis 2014 surplus pangan selama setahun untuk kebutuhan konsumsi beras di Provinsi Banten.

Pemerintah daerah sangat komitmen untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. Sebab, Kabupaten Lebak dijadikan sebagai sentra lumbung pangan.

SERANG - Produksi beras di Provinsi Banten pada tahun 2014 diprediksi surplus secara nasional meskipun terjadi serangan hama wereng batang cokelat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News