10 Negara Arab Siap Gabung AS Perangi IS

10 Negara Arab Siap Gabung AS Perangi IS
10 Negara Arab Siap Gabung AS Perangi IS

jpnn.com - JEDDAH - Sepuluh negara di Jazirah Arab sepakat bergabung dengan koalisi anti-Islamic State (IS) alias ISIS yang diinisiasi Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama. Sepuluh negara itu adalah, Mesir, Irak, Yordania, Libanon, Saudi Arabia, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar dan Uni Emirat Arab.

Kesepakatan bersama yang dibuat di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (11/9) itu disaksikan oleh Menteri Luar Negeri AS, John Kerry. Turki juga ikut hadir dalam pertemuan tersebut, namun tidak ikut menandatangani kesepakatan.

Kesepuluh negara itu menyatakan siap memerangi IS dengan cara menghambat aliran dana dan personil ke grup militan tersebut. Bahkan, mereka membuka kemungkinan untuk mengirim pasukan jika AS memutuskan untuk melancarkan operasi militer.

Seperti diberitakan sebelumnya, Obama mendeklarasikan pembentukan aliansi untuk mengusir IS dari wilayah Suriah dan Irak. Sejumlah negara anggota NATO sudah bergabung dengan koalisi yang akan dipimpin langsung oleh Obama tersebut.(skynews/dil/jpnn)

 


Berita Selanjutnya:
Menlu AS Mendadak ke Iraq

JEDDAH - Sepuluh negara di Jazirah Arab sepakat bergabung dengan koalisi anti-Islamic State (IS) alias ISIS yang diinisiasi Presiden Amerika Serikat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News