Antioksidan Produk Lebah

Antioksidan Produk Lebah
Antioksidan Produk Lebah

jpnn.com - SURABAYA ­– Kian banyak orang yang percaya bahwa bahan-bahan alami punya khasiat lebih baik. Bahan itu juga lebih bermanfaat dan minim efek samping. Salah satunya adalah aneka produk lebah. Mulai cairan lilin lebah, balsam propolis, hingga sarang lebah. Semua diolah menjadi produk kesehatan tubuh yang kaya antioksidan.

Sejatinya, ada empat produk lebah yang sudah lama dipercaya punya khasiat bagi tubuh. Selain madu, ada royal jelly (makanan ratu lebah yang dikeluarkan lebah pekerja), bee pollen (serbuk sari yang dibawa lebah), danpropolis (liur lebah yang digunakan untuk merekatkan sarang).

Berdasar hasil penelitian, propolis punya beragam kelebihan yang baik bagi tubuh. ”Propolis bisa untuk antioksidan, anti-aging, antibacterial, bahkan menangkal radikal bebas,” ungkap dr Ivan Hoesada.

Di antara berbagai zat alami yang dimiliki propolisbioflavonid adalah salah satu kandungan terbaik. Dokter yang juga menjadi konsultan produk bee botanics itu menjelaskan, propolis mengandung antioksidan tinggi. ”Kandungan tersebut juga telah dibuktikan dalam ORAC test di Amerika,” paparnya pada acara launching produk kesehatan di Pakuwon Trade Center (PTC) Jumat (12/9).

ORAC (oxygen radical absorbance capacitytest berguna untuk menentukan kandungan antioksidan. Hasilnya, antioksidan pada propolis yang tidak diekstrak adalah 9.000. Sementara itu, propolis yang diekstrak 21.921.

Propolis tinggi antioksidan itulah yang digunakan sebagai bahan utama bee botanics. ”Karena itu, produk propolis juga aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif dan alergi,” tambahnya.

Manfaat tersebut lantas diwujudkan dalam tiga produk kesehatan tubuh berbahan propolis. Di antaranya, propolis mouthwash yang mengandungantibacterial dan ekstrak peppermint. Keduanya ampuh menghalau bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, kandungan antimikroba membantu mencegah pembentukan plak di gusi.

Antibacterial dijadikan bahan aktif alami yang baik untuk kulit wajah, mencegah noda, serta mengatasi masalah kulit berminyak dan sensitif. Bila digunakan secara teratur, propolis facial wash gel malah bisa mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

SURABAYA ­– Kian banyak orang yang percaya bahwa bahan-bahan alami punya khasiat lebih baik. Bahan itu juga lebih bermanfaat dan minim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News