Self-Defense dalam Setiap Kesempatan

Self-Defense dalam Setiap Kesempatan
BERBONUS: Muay Thai salah satu olahraga bela diri yang juga berguna untuk kesehatan bagi kaum hawa. (Dimas Alif/Jawa Pos)

jpnn.com - Menangkal terjadinya tindak kejahatan, tidak sedikit perempuan yang mengasah kemampuan bela diri. Tidak hanya terlindung, beberapa juga mengidamkan bonus langsing.

*****

ANGKA kejahatan terhadap perempuan semakin meningkat. Berdasar data Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan, terdapat 279.760 kasus kekerasan terhadap perempuan selama 2013. Angka tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 216.156 kasus. Perempuan pun dituntut memiliki kemampuan self-defense.

Bela diri di sini tidak melulu berlatih yang menyusahkan. Alat-alat yang sering dipakai perempuan juga bisa berperan sebagai senjata. Misalnya, tisu, alat make-up, payung, sepatu high heels,dan pensil.

Eko Hendrawan Sofyan menjelaskan, aktivitas sehari-hari mampu melatih ketahanan fisik perempuan. Dia mencontohkan perempuan yang berjalan. Bukan hanya kaki yang melangkah, tangan pun ikut berayun. Ayunan tangan tersebut bisa digunakan sebagai gerakan bela diri.

’’Kepalkan tangan, lalu diayunkan. Semakin kuat ayunan, semakin kuat pukulan. Ayunan itu diarahkan ke kelamin penjahat. Siapa saja dapat melakukan hal itu, termasuk perempuan,’’ papar pelatih dan pembina Komunitas Woman Self-Defense of Kushin Ryu (WSDK) tersebut.

Kepalan tangan juga bisa dipakai sebagai alat tangkis dan pelindung kepala. Hal itu dapat dilakukan dengan membentuk segi tiga siku-siku dengan arah kepalan ke belakang kepala. Gerakan tersebut mampu melindungi kepala dari pukulan.

Untuk menambah kekuatan pukulan, jelas Eko, benda di sekitar kita bisa digunakan. Yang paling mudah ditemui adalah tisu. Caranya, beberapa lembar tisu diremas, lalu dimasukkan ke dalam genggaman tangan.

Menangkal terjadinya tindak kejahatan, tidak sedikit perempuan yang mengasah kemampuan bela diri. Tidak hanya terlindung, beberapa juga mengidamkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News