Bom Rakitan Meledak di SPBU

Bom Rakitan Meledak di SPBU
Bom Rakitan Meledak di SPBU

jpnn.com - SAGULUNG - Pengunjung dan pengisi BBM di SPBU PT Dumas Mitra Anugerah Batam samping Mall Top 100 Tembesi, Sagulung heboh, Sabtu (13/9) siang. Sebuah benda diduga bom rakitan yang dipasang parasut mini meledak di spandek toilet SPBU tersebut sekitar pukul 10.30 WIB. Tak ada korban jiwa, namun suara ledakan sempat membuat geger para pengunjung di SPBU.

Ledakan itu terjadi diatas atap bangunan toilet dekat lokasi pencucian mobil dalam kawasan SPBU. Atap seng lokasi benda yang diduga bom itu meledak memang tak rusak, hanya saja tampak putih seperti bekas terbakar. 

Informasi yang diterima di lokasi kejadian, benda yang diduga dengan panjang sekitar 11 Cm dan berdiameter 12 inchi itu secara tiba-tiba jatuh dan meledak di atas atap toilet SPBU. Belum diketahui secara pasti apakah benda itu sengaja di simpan, dilempar atau diterbangkan oleh orang lain. Karena warga dan petugas SPBU baru menyadari setelah benda itu meledak. " Mungkin saja diterbangkan dari luar, karena benda itu ada parasut mini yang dijahit dari kain putih," ujar salah satu salah satu petugas SPBU di lokasi pencucian mobil dan motor. 

Pengawas SPBU, Muhlisin mengatakan, benda yang diduga bom rakitan itu meledak dengan suara yang cukup besar dan mengeluarkan percikan api. Namun demikian, percikan api tak berakibat fatal bagi SPBU itu. "Begitu ada suara ledakan, saya langsung dipanggil pengunjung. Saya lihat ada percikan api langsung kami padamkan pakai rancun api,"kata Muhlisin di lokasi kejadian. 

Kuat dugaan kata Muhlisin benda yang meledak tersebut sengaja di terbangkan oleh orang lain dari luar kawasan SPBU. Itu karena keterangan Romeono warga Tanjung kertang yang sedang mengisi bensin di SPBU mengaku melihat ada dua benda yang diduga bom itu melayang masuk ke kawasan SPBU. "Romeono sempat lihat ada dua parasut kecil yang terbang dari belakang SPBU. Satu jatuh di atas spandek cucian motor, dan satunya lagi terbang ke arah rumah warga," tutur Muhlisin. 

Namun demikian hanya satu yang meledak dan diamankan polisi sebagai barang bukti sementara satu lainnya masih belum ditemukan. 

Kejadian itu langsung disampaikan ke pihak kepolisian Sagulung dan langsung turun melakukan olah TKP. Barang bukti serpihan benda yang diduga bom itu langsung diamankan polisi. 

Kanit Reskrim Polsek Sagulung, Ipda Rasmen Simamora, membenarkan adanya temuan bom rakitan menggunakan pipa Aluminium di SPBU samping Top100 Tembesi. Saat ini, kata dia, pihaknya sedang melakukan penyelidikan.
"Masih kita selidiki, pengawas SPBU yang menemukan Bom itu sudah kita mintai keterangan," ujar Rasmen. (eja)

SAGULUNG - Pengunjung dan pengisi BBM di SPBU PT Dumas Mitra Anugerah Batam samping Mall Top 100 Tembesi, Sagulung heboh, Sabtu (13/9) siang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News