Asap Makin Parah, Minta Masa Operasi Hercules Diperpanjang

Asap Makin Parah, Minta Masa Operasi Hercules Diperpanjang
Asap Makin Parah, Minta Masa Operasi Hercules Diperpanjang

jpnn.com - KUALA KURUN – Kebakaran hutan, lahan, dan pekarangan rupanya semakin mengkhawatirkan.

Empat titik di kawasan Bukit Silirun Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas terbakar, Sabtu (13/9) sore. Pantauan di lapangan, api mulai membesar pada pukul 16.45 WIB dan berakhir pukul 19.00 WIB.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang tiba dilokasi pada sore hari, sempat mencoba memadamkan api, agar tidak meluas. Akibat lokasi berbukit serta beratnya medan menuju lokasi kebakaran, membuat para petugas kesulitan.

Bahkan air di sekitar lokasi itu, juga sulit dijangkau. Hal itu menjadi pemandangan bagi warga sekitar di sore hari. Sejumlah masyarakat bisa melihat dengan jelas, kebakaran dari jembatan Kuala Kurun.

Menurut salah seorang warga sekitar Indun (45), penyebab kebakaran masih belum diketahui. Pasalnya, tiba-tiba saja api langsung membesar dan menyebar.

Kendati sempat diguyur hujan beberapa waktu lalu, namun hingga hari ini, kondisi tanah dan hutan dalam keadaan kering. “Diduga api muncul akibat puntung rokok atau percikan api, sehingga dalam kondisi kering, lahan akan cepat terbakar,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Gumas Arton S Dohong mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan.

“Saya tegaskan untuk tidak membakar lahan, jangan sampai kita juga yang menjadi korban,” ujarnya.

KUALA KURUN – Kebakaran hutan, lahan, dan pekarangan rupanya semakin mengkhawatirkan. Empat titik di kawasan Bukit Silirun Kecamatan Kurun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News