Ini 34 Nama Menteri Kabinet Jokowi-JK Versi IReS

Ini 34 Nama Menteri Kabinet Jokowi-JK Versi IReS
Slide show hasil survei Indonesian Research and Survey (IRes) pada acara launching hasil survei IRes di Jakarta, Senin (15/9). Menteri BUMN Dahlan Iskan menjadi kandidat tertinggi untuk menempati Menteri Koordinator Bidang Perekonomian kabinet Jokowi-JK. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Indonesian Research and Survey (IReS) menyerahkan sebanyak 34 nama kandidat menteri untuk kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) beserta postur pemerintahan sesuai aspirasi masyarakat yang dijaring lewat survey yang diadakan 21 Agustus - 3 September 2014.

Pendiri IReS, Usamah Hisyam, mengatakan nama-nama bakal calon menteri yang diserahkan kepada Jokowi itu bisa menjadi masukan dan acuan untuk memutuskan siapa orang-orang yang akan membantunya menjalankan pemerintahan 5 tahun ke depan.

"Kami mendapatkan input dari orang di sekitar Pak Jokowi, dapat masukan dari Pak Jokowi juga, kami tetapkan 5 nama untuk satu kementerian, ada 34 kementerian, postur ini akan dinamis, karena masih bisa terjadi penambahan kementerian atau dibentuknya kementerian baru," Usamah saat merilis surveynya di Hotel Sahid Jakarta, Senin (15/9).

Survey IReS dengan melibatkan 600 responden sebagai acuan, sebagian besar (57 persen)  di antaranya berpendidikan tinggi, mulai dari S2, S3 hingga Profesor. Margin eror 4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Ada 190 nama yang masuk dalam survey IReS dan mereka adalah orang-orang yang memenuhi kriteria berbasis profesional, memiliki kapasitas intelektual, pengalaman serta memahami visi misi Jokowi sebagai capres 2014 dari setiap kementerian.

"Setidaknya memenuhi tiga kriteria, latar belakang pendidikan, track record dan pengalaman kerjanya. Mereka berada dalam lingkaran perjuangan Jokowi, baik relawan, tim suskes, maupun anggota parpol pendukung Jokowi-JK," jelasnya.

Dikatakannya juga bahwa mayoritas responden menginginkan 70 persen kabinet Jokowi-JK diisi oleh kalangan profesional dan 30 persen dari kalangan partai politik.

Usamah meyakini nama-nama ini tidak banyak perubahan dengan yang akan diekspose Tim Transisi Jokowi-JK nanti sore. (fat/jpnn)

JAKARTA - Indonesian Research and Survey (IReS) menyerahkan sebanyak 34 nama kandidat menteri untuk kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News