Beberapa Daerah Mulai Musim Penghujan Awal Oktober

Beberapa Daerah Mulai Musim Penghujan Awal Oktober
Beberapa Daerah Mulai Musim Penghujan Awal Oktober

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan musim kemarau di beberapa daerah di Indonesia diperkirakan akan berakhir pada awal Oktober mendatang.

"Perkiraan kami hujan akan dimulai pada awal Oktober. Tapi di setiap daerah berbeda-beda awal musim penghujannya," kata Kepala Bidang Informasi Iklim BMKG Evi Lutfiati di Jakarta, Senin (15/9).

Menurutnya, daerah yang musim penghujannya dimulai awal Oktober di antaranya adalah Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali. Sedangkan untuk daerah lainnya kemungkinan musim penghujannya di awal November seperti sebagian wilayah Jawa Tengah, Aceh serta daerah lainnya.

Yang jelas, kata Evi, awal musim penghujan di beberapa daerah yang saat ini sedang mengalami musim kemarau diperkirakan berakhir antara Oktober dan November. Kata dia, periode musim kemarau saat ini tidak panjang hanya berkisar empat hingga enam bulan dan kekeringan di sejumlah daerah pun masih bersifat normal.

"Kemarau kali ini tidak begitu parah karena masih ada diselingi dengan hujan walapun curah hujan yang terjadi sedikit," tuturnya. (ant/rr/mas)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan musim kemarau di beberapa daerah di Indonesia diperkirakan akan berakhir


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News