Pemain Asing Hanya Pelengkap

Pemain Asing Hanya Pelengkap
Pemain Asing Hanya Pelengkap
JAKARTA - Kewajiban penggunaan pemain asing di Proliga 2009 menjadi kebijakan yang sia-sia. Betapa tidak, regulasi itu sebenarnya ditetapkan untuk meningkatkan mutu kompetisi. Namun, banyak tim malah merekrut pemain asing yang kualitasnya di bawah punggawa lokal.

Banyak tim merekrut pemain asing hanya untuk menghindari denda dari Proliga. Kualitas pemain asing terancam makin menurun karena suplai dari Tiongkok tersendat akibat kejuaran di sana sedang bergulir. Akibatnya, pemain dari negara Asia Tenggara lainnya menjadi alternatif. Padahal, dengan predikat Indonesia sebagai peraih emas SEA Games voli, di atas kertas kualitas pemain Indonesia lebih baik.

Palembang Bank Sumsel misalnya. Mereka menggaet pemain junior Win Tun Oo. Begitu pula Surabaya Samator yang kembali meminang Ngo Vanh Kieu, open spiker asal Vietnam. Beberapa tim lain belum bisa memastikan pemain asing yang bakal direkrut. "Kami mengincar pemain Thailand, tapi karena salary-nya belum cocok, maka belum bisa datang juga," ungkap Wiji Astuti, manajer Yuso.

Gresik Petrokimia nekat memilih pemain asal Tiongkok. Dengan bergulirnya kompetisi di sana, kualitas yang didapatkan terancam buruk. Namun, risiko tersebut bisa diminimalkan karena pelatihnya, Wang Jung, juga berasal dari sana.

JAKARTA - Kewajiban penggunaan pemain asing di Proliga 2009 menjadi kebijakan yang sia-sia. Betapa tidak, regulasi itu sebenarnya ditetapkan untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News