Tanker Muat 45 Ribu KL Solar Terbakar, Kepala Kamar Mesin Hilang

Tanker Muat 45 Ribu KL Solar Terbakar, Kepala Kamar Mesin Hilang
Kapal tanker Cilacap Pertamina Samudra 104 dilalap si jago merah di perairan Kota Baru, Kalimantan Selatan. Foto: Radar Banjarmasin/JPNN Grup

jpnn.com - KOTABARU - Jerit ketakutan terdengar dari tengah laut, Senin (15/9) malam. Api berkobar dari kamar mesin kapal tanker, Cilacap Pertamina Samudra 104. Ironis, kapal berbobot 44.137 Gross Ton (GT) memuat sebanyak 45 ribu kiloliter BBM jenis solar.

Berdasarkan informasi di lapangan, kejadian sekitar pukul 23.30, api berasal dari kamar mesin, saat kapal sedang melakukan proses layanan ke tongkang coastway. Lokasi kejadian sekitar 1 mil dari Tg Pemancingan Kecamatan Pulau Laut Utara, dekat dengan Pelabuhan PT Arutmin. Sedangkan jarak dari Pelabuhan Panjang pusat kota sekitar 12 mil.

Sampai saat berita ini diturunkan, Kepala Kamar Mesin (KKM) Purwo Hadi Wibowo belum ditemukan. Kabar terakhir, dia terjebak di dalam kamar mesin, di tengah kepungan api. Sementara 57 orang yang berada di kapal berhasil diselamatkan tim gabungan Polres, Basarnas dan Lanal Kotabaru.

Kepala Depot Pertamina Kotabaru, Sutjipto kepada awak media mengatakan, pihaknya mendapat info, pada pukul 23.30 terlihat kepulan asap hitam di kamar mesin. Setelah beberapa menit kemudian, terjadi kebakaran di ruang mesin. Namun dia membantah kebakaran terjadi ketika proses pelayanan ke tongkang coastway.

"Sudah selesai (proses layanan tersebut)," ujarnya, Selasa (16/9).

"Dari kru kapal, sempat melakukan pemadaman, namun peralatan sangat terbatas. Api sempat membesar. Sampai saat ini penyebabnya, kita belum tahu," tambahnya.

Waktu kejadian juga dikuatkan dengan keterangan dari aparat kepolisian.

"Kejadiannya sekitar pukul 23.30, kami dapat kabar sekitar pukul 24.00. Dan sekitar setengah satu malam kami berangkat ke lokasi, sampai di lokasi jam satuan malam," kata Kapolres Kotabaru AKBP Rizal Irawan Sik.

KOTABARU - Jerit ketakutan terdengar dari tengah laut, Senin (15/9) malam. Api berkobar dari kamar mesin kapal tanker, Cilacap Pertamina Samudra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News