Kapal Bermuatan Kayu Menuju NTT Digagalkan Polda Sultra

Kapal Bermuatan Kayu Menuju NTT Digagalkan Polda Sultra
Aparat kepolisian menemukan lokasi penebangan kayu illegal logging yang merambah hutan produktif di kawasan Gunung Salak, Aceh Utara, Senin (15/9). Polisi berhasil menangkap empat tersangka dan mengamankan sebanyak 25 ton kayu di dua lokasi terpisah, namun polisi kesulitan membawa barang bukti karena medan yang ditempuh sulit dijangkau. RAKYAT ACEH/NAUVAL/JPNN.com

jpnn.com - KENDARI - Satu unit kapal yang sedang memuat kayu diamankan jajaran tim khusus (Timsus) Polda Sultra. Penangkapan kayu tersebut dilakukan pada Minggu (14/9), sekitar pukul 13.00 Wita diperairan Muara Ronta, Kecamatan Bone Gunu, Kabupaten Buton Utara.

Keberadaan kapal berbendera Cahaya Iman dengan mengangkut  60 kubik  jenis kayu rimba campuran, rencananya akan dibawa ke luar Sultra yakni  NTT. Namun gerak-gerik mereka ternyata telah lama menjadi target operasi (TO) oleh Timsus Direskrimsus Polda Sultra.
    
Timsus membawa barang bukti berupa kapal beserta kayu yang dibawa para terduga pembalak liar ke Dit Polair Polda Sultra untuk diamankan. Sedangkan para terduga sementara waktu digelendang ke Mapolda Sultra untuk dimintai keterangannya. Mereka diantaranya pemilik kayu berinisial Z, termasuk tiga anak buah kapal.
    
Kasubbid PID Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh mengungkapkan, hasil introgasi sementara, kayu yang membawa muatan sebanyak 60 kubik berbagai jenis rencananya akan dibawah keluar Sultra. Diduga kapal dan pemilik kayu tidak mengantongi izin dokumen dari dinas kehutanan setempat.  

"Pemilik kayu berinisial Z sudah diamankan bersamaan dengan 3 ABK kapal berbendera Cahaya Iman," kata Dolfi seperti yang dilansir Kendari Pos (Grup JPNN.com), Rabu (17/9).
    
Mereka berempat  sementara masih dalam proses penyelidikan. Diapun belum mengetahui apakah nanti statusnya akan dinaikan sebagai tersangka, sebab masih dalam tahap proses penyelidikan.

"Barang bukti masih diatas kapal untuk sementara mereka masih diperiksa dan barang bukti kayu sementara diamankan di Dit Polairud Polda Sultra," tandasnya. (cr2/p1)


KENDARI - Satu unit kapal yang sedang memuat kayu diamankan jajaran tim khusus (Timsus) Polda Sultra. Penangkapan kayu tersebut dilakukan pada Minggu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News