Tangkap Penyelundup Narkoba, Prajurit TNI Naik Pangkat Setingkat

Tangkap Penyelundup Narkoba, Prajurit TNI Naik Pangkat Setingkat
Tangkap Penyelundup Narkoba, Prajurit TNI Naik Pangkat Setingkat

jpnn.com - TARAKAN - Untuk kali pertamanya sejak menjabat Kasdam VI/Mulawarman Brigadir Jenderal Lowedyk berkunjung ke Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Secara umum, ia menilai Kaltara yang berada di perbatasan RI-Malaysia terbilang aman dari penyelundupan narkoba. Dia pun memuji, semua ini berkat kerja gemilang prajurit TNI menjaga perbatasan.

"Prajurit harus giat dan teliti menjaga perbatasan agar penyelundup narkoba yang melalui jalur tikus dapat terdeteksi," kata Kasdam, Rabu (17/8).

Apresiasi dijanjikan bagi prajurit yang menunjukkan dedikasinya menjalankan tugas menjaga perbatasan.

"Akan diberikan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi, apabila prajurit berhasil menangkap penyelundup narkoba serta tindak kriminal lainnya," ujar Lowedyk.

Penegasan itu disampaikan Kasdam di depan 450 personel Batalyon Infanteri (Yonif) 613 Raja Alam Tarakan yang bersiap berangkat untuk mengamankan wilayah perbatasan RI-Papua Nugini. Mereka merupakan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) dengan masa tugas 9 bulan.

Persiapan dan latihan pemantapan telah dilakukan untuk menjalankan tugas mulia itu. Guna menegaskan kesiapan itu, kemarin (17/9) Lowedyk mengunjungi markas Yonif 613 Raja Alam. Di sana Lowedyk memeriksa segala perlengkapan yang akan dibawa ke perbatasan Papua. Adapun tiap prajurit dilengkapi dengan suku cadang (8 item), amunisi (6 item), senjata (5 item), sarana penggalangan (9 item), alat kesehatan (7 item) dan lainnya.

Lowedyk menyebutkan, prajurit 613 Raja Alam sudah siap melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan RI di Papua.
Rencananya, 450 prajurit yang ditugaskan itu, akan menempati 19 pos perbatasan. Tiap pos akan dijaga 25 prajurit.

"Prajurit harus dapat menjaga netralitas, adil, tidak terprovokasi dan tidak terpengaruh oleh orang lain," ujar Lowedyk.(pur/ris)


TARAKAN - Untuk kali pertamanya sejak menjabat Kasdam VI/Mulawarman Brigadir Jenderal Lowedyk berkunjung ke Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News